Kerja Sama Balai Pelatihan Kesehatan Semarang

Balai Pelatihan Kesehatan Semarang dalam menjalankan tugas dan fungsinya, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan stakeholder lain. Kaitanya dengan melaksanakan misi ke-5 Bapelkes Semarang yaitu “Memperluas jaringan kemitraan dengan lembaga pemerintah maupun swasta.”

Kerjasama yang dilakukan dalam bidang pelatihan, pendidikan dan pemanfaatan sarana prasarana pelatihan. Sedangkan bentuk kerjasama Bapelkes Semarang antara lain penyelenggaraan pelatihan/workshop/seminar, penerimaan mahasiswa magang, pemanfaatan lahan PKL di RS, fasilitasi PBL mahasiswa kesehatan dan pengampuan pelatihan serta penyewaan fasilitas / sarana prasana pelatihan.      

Stakeholders atau mitra Bapelkes Semarang terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Stakeholders Internal antara lain Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, Puskatmutu, Pusrengun, Ropeg Kemenkes dan seluruh UPT Kemenkes RI.
  2. Stakeholders Eksternal meliputi
    • Pemerintah Daerah : Dinas Kesehatan Provinsi/Kab/Kota, BKD Provinsi/Kab/Kota, Pemerintah Provinsi/Kab/Kota.
    • Kementerian Lembaga/ LND : BPOM, Kemenkum dan HAM, Kemendikbud, Badiklat Kota Semarang, Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro dan Yonkav Turangga Ceta Ambarawa.
    • Organisasi Profesi/ Swasta : Bapelkes Semarang telah bekerjasama dengan organisasi profesi/ swasta dalam pelaksanaan pelatihan, pengampuan pelatihan maupun pelaksanaan seminar dan workshop.Organisasi tersebut antara lain JHPIEGO, Smart Emergency Service, 119, IHCA, Aliansi Fisikawan Medis Indonesia, Patelki, Wocare Indonesia, Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia   (IAKMI).
    • Intitusi Pendidikan : Institusi pendidikan yang bekerjasama terdiri dari Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi yang menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Belajar Lapangan (PBL), antara lain FK UNDIP, Akbid Sukawangi, Akbid Sismadi, Akbid Prestasi Agung, Stikes Yatsi, Akper Yayasan Jalan Kimia, Akbid Cipta Daya Husada, Stikes Fathir Husada, Akbid Pelita Persada, Akper Pelni, Poltekkes Banjarmasin, Akbid Annisa Jaya, Akbid Al Ikhlas Cisarua, Poltekkes Semarang, Poltekkes Yogyakarta, UNNES, UDINUS, UIN Walisongo.

Beberapa stakeholder telah melaksanakan Perjanjian Kerja Sama dengan Bapelkes Semarang. Jika ada permohonan untuk melaksanakan kerjasama dengan Bapelkes Semarang, dimohon mengirim surat secara resmi yang ditujukan kepada Kepala Bapelkes Semarang, d.a Jl. Pahlawan No. 1 Semarang.

Prosedur Kerjasama secara lengkap sebagai berikut:

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah ketentuan-tertulis-hubungan-kerjasama-dengan-unit-lain-666x1024.jpg

Sedangkan di bawah ini Rekapitulasi Perjanjian Kerjasama Bapelkes Semarang dari Tahun 2019

Rekapitulasi Perjanjian Kerjasama Bapelkes Semarang Tahun 2019

Rekapitulasi Perjanjian Kerjasama Bapelkes Semarang Tahun 2020

Rekapitulasi Perjanjian Kerjasama Bapelkes Semarang Tahun 2021