HASIL SURVEI EKSTERNAL LAYANAN BEBAS DARI KORUPSI BAPELKES SEMARANG TH 2020

Dalam upaya mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi khususnya terkait Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Semarang telah melaksanakan survei yang ditujukan kepada pemangku kepentingan yaitu pengguna layanan Bapelkes Semarang.

Survei ini terdiri dari pengukuran kepuasan pengguna layanan dan pengukuran integritas layanan Bapelkes Semarang. Survei dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 02 – 03 Juli 2020, menggunakan google form dengan sasaran eksternal Bapelkes Semarang. Jumlah responden yang mengisi form sebanyak 269 orang.

Dengan hasil survei sebagai berikut :

  1. Rincian Jenis layanan, dari total sebanyak 269 responden, 91,8% responden berasal dari peserta diklat di Bapelkes Semarang. Dan sisanya berasal dari berbagai instansi,widayisawara, narasumber, mentor, dll.
  2. Dari hasil survei, 100% responden menjawab tidak pernah ada pungutan dari Bapelkes Semarang baik berupa uang/barang/fasilitas lain kepada responden
  3. Dari hasil survei, 100% responden menjawab tidak pernah ada pungutan dari Bapelkes Semarang baik berupa uang/barang/fasilitas lain kepada responden
  4. Dari hasil survei, 100% responden menjawab tidak pernah ditawari pihak Bapelkes Semarang untuk mendapatkan pelayanan diluar jalur resmi yang telah ditetapkan oleh Bapelkes Semarang.
  5. Dari hasil survei, 100% responden menjawab tidak mendapat kesulitan dalam memperoleh layanan di Bapelkes Semarang karena tidak memberikan uang ataupun barang sebagai imbalan
  6. Sebanyak 45,7% responden setuju bahwa Bapelkes Semarang sudah memiliki prosedur yang jelas dalam memberikan pelayanan, dan Sebanyak 50,6% responden sangat setuju bahwa Bapelkes Semarang sudah memiliki prosedur yang jelas dalam memberikan pelayanan. Dan ada 1 % responden yang menyatakan tidak setuju bahwa Bapelkes Semarang sudah memberika pelayanan sesuai prosedur.
  7. Sebanyak 50,9% Responden setuju Bapelkes Semarang Memiliki pelayanan yang resmi dan jelas dan sebanyak 48,9% responden sangat setuju bahwa Bapelkes Semarang Memiliki pelayanan yang resmi dan jelas, dan hanya 0,4 % atau 1 responden yang menyatakan tidak setujuh bahwa Bapelkes Semarang Memiliki pelayanan yang resmi dan jelas.
  8. Dari 269 Responden, 55,8% responden menyatakan setuju bahwa Bapelkes Semarang memiliki sarana dan prasarana diklat yang lengkap dan memadai, 42% responden menyatakan sangat setuju bahwa Bapelkes Semarang memiliki sarana dan prasarana diklat yang lengkap dan memadai, dan hanya 2,2% atau 5 responden yang menyatakan kurang setuju bahwa Bapelkes Semarang memiliki sarana dan prasarana diklat yang lengkap dan memadai.
  9. Dari 269 Responden, 49,4% menyatakan setuju bahwa Petugas/Pegawai Bapelkes Semarng memiliki kecakapan dalam memberikan pelayanan, 50,2% menyatakana sangat setuju bahwa bahwa Petugas/Pegawai Bapelkes Semarng memiliki kecakapan dalam memberikan pelayanan, dan hanya 0,4 atau 1 responden yang menyatakan kurang setuju bahwa Petugas/Pegawai Bapelkes Semarng memiliki kecakapan dalam memberikan pelayanan.
  10. Dari 269 responden, 44,6% menyatakan setuju petugas/pegawai Bapelkes Semarang memberikan pelayanan dengan senyum, salam, sapa, ramah dan menyenangkan, 54,6% menyatakan sangat setuju setuju petugas/pegawai Bapelkes Semarang memberikan pelayanan dengan senyum, salam, sapa, ramah dan menyenangkan, dan hanya 0,7% atau 2 responden yang kurang setuju petugas/pegawai Bapelkes Semarang memberikan pelayanan dengan senyum, salam, sapa, ramah dan menyenangkan.
  11. Dari 269 responden, 53,5% setuju Bapelkes Semarang memiliki saran untuk menyampaikan pengaduan/keluhan atau saran berkaitan dengan pelayanan. Sebanyak 45% menyatakan Sangat setuju Bapelkes Semarang memiliki saran untuk menyampaikan pengaduan/keluhan atau saran berkaitan dengan pelayanan dan hanya 1,5% atau 4 responden yang menyatakan kurang setuju Bapelkes Semarang memiliki saran untuk menyampaikan pengaduan/keluhan atau saran berkaitan dengan pelayanan.
  12. Dari 269 Responden, 63,6% menjawab setuju, 220,4% menjawab sangat setuju dan 11,9% tidak setuju bahwa responden pernah menyampaikan keluhan/masukan terkait layanan di Bapelkes Semarang.
  13. Dari 269 responden, 60,6% menyatakan setuju Bapelkes Semarang menindaklanjuti keluha/masukan yang disampaikan, dan 34,9% sangat setuju Bapelkes Semarang menindaklanjuti keluha/masukan yang disampaikan dan hanya 1,1% atau 3 responden yang kurang setuju Bapelkes Semarang menindaklanjuti keluha/masukan yang disampaikan.
  14. Dari 269 responden, Sebanyak 52,8% menyatakan setuju Pelayanan di Bapelkes Semarang sudah sesuai prosedur, 45,4% sangat setuju Pelayanan di Bapelkes Semarang sudah sesuai prosedur dan hanya 0,7 atau 2 responden yang tidak setuju Pelayanan di Bapelkes Semarang sudah sesuai prosedur.
  15. Dari 269 responden sebanyak 49,8% menjawab setuju layanan di Bapelkes Semarang transparan dan mudah diikuti, sebanyak 49,8% responden menjawab sangat setuju layanan di Bapelkes Semarang transparan dan mudah diikuti dan ada 1,1% atau 3 responden yang kurang setuju layanan di Bapelkes Semarang transparan dan mudah diikuti.
  16. Dari 269 responden sebanyak 54,3% responden mejawab setuju bahwa Bapelkes Semarang telah memberikan layann secara online, sebanyak 42,3% menjawab sangat setuju bahwa Bapelkes Semarang telah memberikan layann secara online dan ada 2,9% atau 8 responden yang menjawab kurang setuju bahwa Bapelkes Semarang telah memberikan layann secara online.
  17. Dari 269 responden sebanyak 48% menyatakan setuju Bapelkes Semarang sudah melakukan kegiatan/sosialisasi/kampanye anti korupsi dan anti gratifikasi/pungli, sebanyak 51,3% menjawab sangat setuju setuju Bapelkes Semarang sudah melakukan kegiatan/sosialisasi/kampanye anti korupsi dan anti gratifikasi/pungli dan ada 0,7 atau 2 responden yang menjawab kurang setuju setuju Bapelkes Semarang sudah melakukan kegiatan/sosialisasi/kampanye anti korupsi dan anti gratifikasi/pungli
  18. Dari 269 responden sebanyak 57,6% menjawab setuju Pengelolaan pengaduan pada unit layanan Bapelkes Semarang sudah baik, sebanyak 40,1% menjawab sangat setuju Pengelolaan pengaduan pada unit layanan Bapelkes Semarang sudah baik dan ada sebanyak 2,2% atau 6 responden yang menjawab kurang setuju Pengelolaan pengaduan pada unit layanan Bapelkes Semarang sudah baik.
  19. Dari 269 responden sebanyak 50,2% menyatakan setuju Aplikasi sistem pelayanan dapat diakses dengan mudah, sebanyak 48,4 menyatakan sangat setuju Aplikasi sistem pelayanan dapat diakses dengan mudah dan hanya 1,5% atau 4 responden yang kurang setuju Aplikasi sistem pelayanan dapat diakses dengan mudah.
  20. Dari 269 responden sebanyak 52,7% menjawab setuju petugas/pegawai Bapelkes Semarang merespon dengan baik melalui aplikasi sistem pelayanan yang ada di Bapelkes Semarang, sebanyak 46,9% menjawab Sangat setuju petugas/pegawai Bapelkes Semarang merespon dengan baik melalui aplikasi sistem pelayanan yang ada di Bapelkes Semarang dan hanya 0,4% atau 1 responden yang menjawab kurang setuju petugas/pegawai Bapelkes Semarang merespon dengan baik melalui aplikasi sistem pelayanan yang ada di Bapelkes Semarang
FORMULIR SURVEY EKSTERNAL LAYANAN BEBAS DARI KORUPSI BAPELKES SEMARANG

Leave a Reply

four × three =