Workshop Tracer COVID-19 Provinsi Jawa Tengah Gelombang IV

Bapelkes Semarang mendukung Pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19. Upaya yang dilaksanakan Pemerintah saat ini dengan penguatan 3T yaitu pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment). Dalam rangka persiapan upaya pelacakan, Bapelkes Semarang menyelenggarakan Workshop Tracer COVID-19 Provinsi Jawa Tengah.

Workshop Tracer COVID-19 Provinsi Jateng sudah memasuki Gelombang IV. Workshop telah diselenggarakan pada tanggal 4 – 5 Maret 2021 dengan metode full online. Kabid SDMK Dinkes Prov Jateng, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes membuka secara resmi workshop. (05/03)

Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan dapat mencapai beberapa kompetensi. Kompetensi tersebut antara lain dapat memahami tentang program kegiatan Jogo Tonggo Jateng, Tata Cara Penemuan Kasus/ Kontak (Tracing), Tata Cara Isolasi dan Meminimalisir Pergerakan Kontak Melakukan Pengambilan Sampel, Adaptasi Kebiasaan Baru serta Melakukan Pencatatan dan Pelaporan bagi Petugas Puskesmas dan Petugas Tracer.

Narasumber/Fasilitator dan Moderator berasal dari Direktorat SKK dan Pusdatin Kemenkes RI, Dinkes Provinsi Jateng, PPPKMI, PAEI, IAKMI dan HAKLI Jateng. Peserta dan masyarakat umum dapat menyimak pelaksanaan workshop pada Laman YouTube Bapelkes Semarang.

Peserta merupakan tenaga kesehatan dari Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Kader Kesehatan yang akan menjadi tim Tracer COVID-19 di setiap desa/kelurahan di wilayah Dinkes Provinsi Jateng. Peserta Gel. IV terdiri dari 2 angkatan, yaitu Akt 9 dan 10. Peserta Akt 9 berasal dari Kab. Demak dan Kab. Kendal, sedangkan Akt 10 berasal dari Kab. Semarang, Kota Salatiga dan Semarang.

Workshop ditutup secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM (06/03). Pihaknya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat membagikan apa yang telah diperoleh pada saat workshop ke rekan- rekan yang belum berkesempatan mengikuti di daerahnya. “Jangan lupa tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan 5 M. Jaga diri kita, keluarga dan masyarakat dari pandemi COVID-19, pungkasnya. (ar)

#bapelkessemarang @dinkesjateng_prov @puslatsdmkes

Leave a Reply

fourteen − 4 =