Workshop Tracer COVID-19 Provinsi Jawa Tengah Gelombang I

Bapelkes Semarang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan Perhimpunan Profesi PPPKMI, PAEI, IAKMI, HAKLI Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop Tracer COVID-19 yang disesuaikan dengan kearifan lokal, Jogo Tonggo Jateng. Workshop ini merupakan program Kemenkes yang bertujuan untuk mensinergikan dan meningkatkan kapasitas petugas pelacakan kasus (Tracer COVID -19).

Workshop Gel I dibuka secara resmi oleh Plt. Ka Badan PPSDMK, dr. Kirana Pritasari,MQIH. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Babinsa, Babinkamtibmas dan Kader berperan besar dalam pelaksanaan tracing karena dekat dengan masyarakat.”Komunikasi dan koordinasi perlu dibangun dengan Puskesmas, akan ada aplikasi yang dilakukan untuk monitoring. Pelaksanaan workshop untuk memahami penggunaan aplikasi tersebut,” jelasnya.

Keynote speech workshop oleh PJ Sekda Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Ariwibowo, SH, M.Soc.Sc. Pelaksanaan workshop pada tanggal 23-24 Februari 2021 yang dipandu oleh Dr. Yuliani Setyaningsih, SKM, M.Kes.

Narasumber/Fasilitator dan Moderator berasal dari Direktorat SKK dan Pusdatin Kemenkes RI, Dinkes Prov. Jateng, PPPKMI, PAEI, IAKMI dan HAKLI Jateng.

Pemberian materi workshop meliputi Program kegiatan Jogo Tonggo Jateng, Tata Cara Penemuan Kasus/Kontak (Tracing), Tata Cara Isolasi dan Meminimalisir Pergerakan Kontak Melakukan Pengambilan Sampel, Adaptasi Kebiasaan Baru serta Pencatatan dan Pelaporan bagi Petugas Puskesmas dan Petugas Tracer.

Peserta merupakan tenaga kesehatan Puskesmas, Babinsa, Babinkamtibmas serta Kader Kesehatan yang akan menjadi tim Tracer Covid-19 di setiap desa/kelurahan. Peserta berasal dari Kab. Banjarnegara, Kab. Banyumas, Kab. Cilacap dan Kab. Purbalingga.

Workshop ditutup oleh Kapuslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (24/02). Kapuslat SDMK berharap hasil workshop dapat langsung diimplementasikan, yaitu dengan terbentuknya Tim Tracer. Penutupan workshop dihadiri oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dan Kabid SDMK Dinkes Prov Jateng, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes. (ar)

#bapelkessemarang @badanppsdmkes @puslatsdmkesehatan @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @iakmi

Leave a Reply

seven + 3 =