Workshop Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 Bagi Bidan Praktek Mandiri di Wilayah Provinsi Jawa Tengah Angkatan 3

Workshop Tata Laksana Vaksinasi Covid-19 Bagi Bidan Praktek Mandiri di Wilayah Provinsi Jawa Tengah Angkatan 3 dibuka secara resmi oleh Kasubbag ADUM Bapelkes Semarang pada Rabu, 4 Agustus 2021. Pembukaan workshop diawali dengan pemutaran video Sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat IBI oleh Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes.

Dalam sambutannya, Kasubbag ADUM Bapelkes Semarang menyampaikan bahwa pengaturan terkait pendayagunaan Bidan dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ditetapkan melalui Kepmenkes Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4845/2021 tentang Pendayagunaan Bidan dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Dalam peraturan tersebut ditetapkan Bidan sebagai vaksinator dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 adalah Bidan yang telah mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai vaksinator Covid-19.

Workshop ini dilakukan dalam rangka mengakomodir para Bidan yang berada di Praktek Mandiri Bidan yang belum mengikuti pelatihan vaksinator Covid-19 di wilayah kerjanya. “Diharapkan dalam mendukung kegiatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, kiranya Ibu-ibu Bidan harus siap sedia untuk membantu percepatan pelaksanaan pemberian vaksinasi tersebut. Melalui workshop ini kita akan memperbaharui pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan Vaksinasi Covid-19, “pungkasnya.

Sedangkan laporan penyelenggaraan workshop disampaikan oleh Waris Supaidah, SKM, M.Kes. Workshop dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Waris Supaidah,SKM, M.Kes dan Arif Rahmat Kurnia, S.Gz.,M.P.H bertindak sebagai moderator workshop ini. Fasilitator workshop berasal dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, BPJS, POGI, serta Komnas dan Komda KIPI. Peserta merupakan Bidan Praktek Mandiri yang berada di wilayah Jawa Tengah sejumlah 951 orang. (ar)

Leave a Reply

3 × 4 =