Workshop Penyusunan Soal sebagai Bank Soal Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan

Bapelkes Semarang menyelenggarakan Workshop Penyusunan Soal sebagai Bank Soal Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan pada Kamis, 21 Januari 2021. Workshop dibuka secara resmi oleh Koordinator Seksi Pelatihan Fungsional, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes.

Kegiatan workshop diawali dengan pembacaan Komitmen WBK/WBBM kemudian diperdengarkan lagu Indonesia Raya, peserta khidmat berdiri dengan sikap sempurna. Sasaran kegiatan workshop ini adalah Pejabat Struktural, Koordinator, Widyaiswara dan Staf Teknis Bapelkes Semarang, serta Tim Fasilitator Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan.

Workshop turut dihadiri oleh peserta workshop dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, RSUD Tugurejo, Bapelkes Jogja, Bapelkes Kalimantan Tengah, Bapelkes Lampung, Bapelkesmas Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tahun 2021 Bapelkes Semarang mendapatkan penugasan untuk menyelenggarakan Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan bagi 510 peserta. Salah satu upaya agar pelatihan yang dilaksanakan terstandar dan bermutu, maka pelatihan yang dilaksanakan harus terakreditasi.

Agar pelatihan terakreditasi, maka salah satu unsurnya adalah kelengkapan instrumen untuk mengevaluasi keberhasilan dari tiap – tiap mata diklat dalam materi inti. Sehingga disusun soal – soal yang diorganisir dalam bank soal. Harapannya hasil evaluasi antar diklat dalam angkatan yang berbeda, diperoleh hasil yang optimal dengan tersedianya instrumen soal yang bervariasi.

Penyelenggaraan workshop untuk mewujudkan Bank Soal Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan yang sesuai dengan kaidah penulisan soal.

Tujuan pelaksanaan workshop untuk meningkatkan kemampuan fasilitator menulis soal berdasarkan kaidah penulisan soal. Selain itu juga tersusunnya Bank Soal Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan yang lengkap dan sesuai dengan standar kaidah penulisan soal yang baik dan benar.

Sesi awal workshop, penyampaian materi Penyusunan Soal dan Praktik Penyusunan Soal Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan oleh Anita Basuki, SKM., M.Kes dengan moderator Rasa Harbakti, SKM, M.Kes. Moderator memberikan kesempatan tanya jawab bagi peserta.

Sesi berikutnya, sesi presentasi dan diskusi hasil latihan. Workshop dilanjutkan dengan Pembagian Penugasan Penyusunan Soal yang dimoderatori oleh Dra. Nila Arianingsih, Apt, MQIH. Workshop ditutup oleh Rasa Harbakti, SKM, M.Kes. Pada awal dan akhir kegiatan, dipanjatkan doa bersama yang dipandu oleh Taufik Hidayat, SKM,M.Kes. (ar)

Leave a Reply

five × two =