Workshop online “Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Tingkat Puskesmas di Provinsi Jawa Tengah”

Bapelkes Semarang kembali menyelenggarakan workshop online “Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Tingkat Puskesmas di Provinsi Jawa Tengah”. Workshop ini terselenggara berkat kerjasama Bapelkes Semarang, Badan PPSDM Kesehatan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah.

Moderator workshop hari ke-1
Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS
Peserta Workshop hari 1

Pelaksanaan workshop berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 22 – 23 April 2020. Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS berperan menjadi moderator pada hari pertama workshop, sedangkan Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menjadi moderator pada hari ke-dua.

Moderator workshop hari ke-2
Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM
Peserta Workshop hari 2

Sasaran peserta workshop sebanyak 35 Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota dan 879 Puskesmas di lingkungan Jawa Tengah, yang dibagi selama 2 (hari). Peserta workshop pada hari pertama terdiri dari 288 orang via aplikasi Zoom Cloud Meetings dan 165 orang menyimak lewat streaming Youtube Bapelkes Semarang. Sedangkan pada hari ke-dua, terdiri dari 260 orang via aplikasi Zoom Cloud Meetings dan 230 orang menyimak lewat streaming Youtube Bapelkes Semarang.

Pembukaan workshop oleh Kepala Badan PPSDMK,
Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), MARS

Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), MARS telah membuka workshop pada hari pertama (22/4). Pada awal sambutan ditekankan mengenai pentingnya sinergisme antara kebijakan pusat dan daerah dalam penanganan Bencana Nasional Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dalam hal penanggulangan Covid-19, beberapa pihak telah mengeluarkan protokol penanggulangan. Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit telah menyusun Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Covid-19 dan Pedoman Kesiapsiagaan Covid-19 yang cukup komprehensif.

Dalam masa pandemi Covid-19 seluruh stakeholder berperan dalam penanganan bencana tersebut. Dinas Kesehatan dan Puskesmas berperan penting bukan hanya dalam penanganan pasien. “Kita sepakat untuk menyelesaikan Covid-19 ini, maka kita harus melakukan penanggulangan mulai dari hulu sampai ke hilir. Hulu yang paling berperan tentunya teman-teman Kepala Puskesmas, untuk melakukan edukasi kepada masyarakat. Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana mencegah dan menanggulangi penyakit Covid-19 ini, “ harap Kepala Badan PPSDMK ini.

Pada akhir sambutannya, Kepala Badan PPSDMK menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bapelkes Semarang dan Kepala Dinkes Provinsi Jawa Tengah yang telah memfasilitasi workshop online ini. Penanganan dan penanggulangan Covid-19 memerlukan harmoni dan sinergisme dari semua pihak dalam satu komando yang sama. BPPSDMK mempunyai komitmen akan terus mendukung kegiatan penanggulangan Covid-19 ini dalam bentuk pelatihan – pelatihan, workshop dan sosialisasi.

Sebanyak 4 (empat ) materi disajikan dalam workshop ini. Materi pertama, Situasi, Kebijakan dan Upaya Penanggulangan di Provinsi Jawa Tengah disajikan oleh dr. Yulianto Prabowo, M.Kes (Kepala Dinkes Provinsi Jateng). Selanjutnya materi ke-dua, Surveilans dan Respon Tingkat Puskesmas terkait Covid-19 disampaikan oleh drg. R. Vensya Sihotang, M.Epid (Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen P2P) dan dr. Endang Budi Hastuti (Kasubdit Penyakit Infeksi Emerging).

Narasumber hari ke-1 dan 2
dr. Yulianto Prabowo, M.Kes (Kepala Dinkes Provinsi Jateng)
Narasumber hari ke – 1 dan 2
Kasubdit Penyakit Infeksi Emerging Ditjen P2P, dr. Endang Budi Hastuti
Narasumber workshop hari 1 dan ke -2
Dosen Poltekkes Semarang, dr. Anung Sugihantono, M.Kes
Narasumber workshop hari 1
Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Ditjen Yankes, drg. Saraswati, MPH
Narasumber workshop hari ke-2
Kasubdit Puskesmas Ditjen Yankes, dr. Ganda Raja Partogi S, MKM

Materi ke-3, Komunikasi Resiko dan Pemberdayaan Masyarakat Lingkup Puskesmas, dipaparkan dr. Anung Sugihantono, M.Kes (Dosen Poltekkes Semarang). Materi terakhir, Peran Puskesmas dalam Masa Pandemi Covid-19 disampaikan oleh drg. Saraswati, MPH (Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Ditjen Yankes) dan dr. Ganda Raja Partogi S, MKM (Kasubdit Puskesmas). Workshop diakhiri dengan sesi tanya jawab.(ar)

Leave a Reply

6 − 2 =