Workshop Aktivasi HDP Minggu Ke-2 : Workshop Komunikasi dalam Incident Command System Penanganan Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit

Workshop Aktivasi Hospital Disaster Plan (HDP) memasuki pertemuan minggu ke-2 pada Senin, 18 Mei 2020. Pada minggu ini, peserta mengikuti sesi Workshop Komunikasi dalam Incident Command System Penanganan Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit. Workshop ini bertujuan untuk memudahkan dan memperbaiki sistem komunikasi dalam ICS Penanganan Covid-19 di rumah sakit. Peserta diharapkan mampu memahami dasar – dasar komunikasi, posisi komunikasi dalam struktur ICS, juklak yang dibutuhkan dalam komunikasi dan penggunaan alat komunikasi (aplikasi Slack).

Pelaksanaan workshop ini akan membahas dasar-dasar komunikasi dalam ICS, alur komunikasi, SOP komunikasi dan alat/ platform komunikasi berbasis online (aplikasi Slack). Dalam kondisi bencana, rapat koordinasi klaster kesehatan biasanya dilakukan setiap hari dimana dalam rapat koordinasi tersebut semua sub-klaster kesehatan menyampaikan laporan kegiatan dan list kebutuhan melalui pertemuan langsung. Namun dalam kondisi sekarang ini, dengan Pandemik Covid-19 yang memiliki karakter penularan sangat tinggi, maka alat komunikasi yang digunakan untuk koordinasi harus berbasis online. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah aplikasi Slack.

Narasumber hari ini, Gde Yulian Yogadhita M.Epid, Apt dan dr. Dhite Bayu Nugroho, MSc, PhD dari PKMK FK-KMK UGM. Happy R Pangaribuan SKM, MPH menjadi moderator pada hari ini. Gde Yulian Yogadhita M.Epid, Apt menyampaikan materi Implementasi Komunikasi dalam ICS (ver.2). Narasumber ke-dua, dr. Dhite Bayu Nugroho, MSc, PhD menjelaskan materi Tutorial Slack V.3. Peserta diminta untuk mempraktekkan aplikasi Slack V.3. Sesi tanya jawab dilaksanakan pasca pemaparan materi. Workshop diakhiri dengan penugasan peserta. (ar)

Leave a Reply

five × three =