Studi Banding /Benchmarking Instituto Nasional de Saude (Timor Leste) ke Bapelkes Semarang

Instituto Nasional de Saude (INS) melaksanakan kunjungan ke Kantor 2 Bapelkes Semarang di Jalan Raya Salaman 48 Magelang pada hari Selasa (20/3). Rombongan INS berjumlah 3 orang, dengan Kepala Rombongan Antonio Bonito, M.Kes. Instituto Nasional de Saude sebagai Institusi Otonom Pemerintah di bawah Kementerian Kesehatan Timor Leste yang kompetensinya untuk memberikan pelatihan di bidang kesehatan kepada semua tenaga kesehatan di Timor-Leste. INS diterima dengan baik oleh Kepala, Taufik Hidayat, SKM, M.Kes dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Rasa Harbakti, SKM,M.Kes.

INS berkunjung ke instansi pemerintah maupun swasta di Indonesia yang mengelola pelatihan, baik pelatihan untuk kesehatan maupun non kesehatan. Instansi yang telah dikunjungi antara lain BPPSDMK Kemenkes, LAN, LIPI Bogor, BKKBN Jakarta, Carolus Jakarta, Pusdiklat Mahkamah Agung, BBPK Ciloto, Bapelkes Cikarang, BKKBN Training Center Yogyakarta. Bapelkes Semarang menjadi instansi terakhir yang dikunjungi INS.

Tujuan kunjungan INS ke berbagai instansi di Indonesia adalah untuk mendapat wawasan dan pengalaman baru dari instansi penyelenggaraan pelatihan di Indonesia, sehingga bisa ditiru atau diadopsi untuk memperbaiki pengelolaan Institusi Pelatihan Kesehatan di Timor Leste.

Selama kunjungan, Bapelkes Semarang dan INS saling bertukar informasi mengenai kondisi kediklatan di kedua belah pihak. Pihak Bapelkes Semarang menjelaskan mengenai Dasar Hukum Bapelkes Semarang (Permenkes No 2361/MENKES/PER/XI/2011 mengenai  Struktur Organisasi dan Tata Kerja), Peraturan mengenai JFU (Permenkes 73 Tahun 2013 mengenai JFU), kemitraan, Peran LAN dan Puslat dalam pembimbingan (akreditasi institusi dan akreditasi pelatihan) dan Kurikulum kediklatan (Jakarta dan lokal). Selain itu dalam dialog diskusi, Taufik Hidayat, SKM, M.Kes mengungkapkan bahwa Bapelkes Semarang sebagai UPT di bawah PPSDM Kesehatan, mempunyai tugas untuk melaksanakan Rencana Aksi Badan PPSDM.

Rombongan INS juga diajak berkeliling melihat fasilitas Bapelkes Semarang  meliputi kelas, auditorium, ruang makan, asrama yang sesuai dengan standar. Pihak INS mengungkapkan senang atas kunjungannya ke Bapelkes Semarang dan memuji kebersihan fasilitas. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua belah pihak. (ar/rh)

Leave a Reply

20 − four =