Serah Terima Tenaga Kesehatan NSI Covid-19 Wilayah Provinsi Jawa Tengah

Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang mewakili Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan (Pusrengun) SDM Kesehatan Kemenkes menyerahkan 7 (tujuh) orang Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Individu (NSI) Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Covid-19 ke perwakilan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Proses serah terima dilaksanakan di Auditorium Garuda Bapelkes Semarang pada Senin, 18 Mei 2020.

Pihak Bapelkes Semarang diwakili oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM, sedangkan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten diwakili oleh Direktur SDM, Pendidikan, Umum melalui aplikasi zoom meeting. Turut menyaksikan secara online, Kepala Bidang Pendayagunaan SDMK Dalam Negeri beserta staf, staf Bapelkes Semarang dan staf RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM memberikan sambutan pada kesempatan ini. “Berdasarkan Surat Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan tentang Penyelenggaraan Pembekalan NSI Covid-19, BBPK dan Bapelkes telah menyelenggarakan pembekalan bagi tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Covid-19 dengan metode full e-learning dalam beberapa angkatan yang telah dan akan didistribusikan di RS Darurat Covid, RSUP maupun RSUD yang membutuhkan,” jelasnya.

Peserta NSI Covid-19 Penempatan Jawa Tengah

Tujuh orang peserta sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan pembekalan secara online di Bapelkes Batam pada tanggal 28 – 30 April 2020. Tahap berikutnya, peserta akan ditugaskan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk untuk penanganan covid-19. Bapelkes Semarang menjadi lokasi boarding, untuk penempatan wilayah Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya, mereka diserahkan ke RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jenis tenaga kesehatan meliputi ahli teknologi laboratorium medik dan perawat.

Sesi berikutnya, Direktur SDM, Pendidikan, Umum RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Drs. Amrizal Marzuki, Apt, M.Kes, MARS memberikan sambutan mewakili Direktur Utama, “Kami sebagai pihak manajemen, berterimakasih atas fasilitasi ini. Pada saat ini kami sangat memerlukan tenaga kesehatan. Karena ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kekurangan dan banyaknya pasien. Kami melayani pasien PDP, yang terkonfirmasi positif, pasien ODP dan poliklinik khusus covid. Alhamdulillah kami mendapatkan tenaga 7 orang ini,” ungkapnya.

Direktur SDM, Pendidikan, Umum RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten
Drs. Amrizal Marzuki, Apt, M.Kes, MARS

Lebih lanjut juga dijelaskan secara singkat terkait pelayanan covid-19. “Petugas di pelayanan covid baik medis non medis,sebelumnya menjalani medical check up secara umum. Pegawai kami yang usianya lebih dari 45 tahun, tidak kami tempatkan. Untuk area pelayanan sudah kami pisahkan, baik poliklinik, IGD, isolasi dan perawatannya,” jelasnya.

Pihak RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sudah menyiapkan tempat tinggal untuk tenaga kesehatan NSI. Pada hari pertama, direncanakan kegiatan pembekalan dan orientasi di tempat pelayanan langsung covid-19. Namun, sebelumnya akan dilakukan medical check up terlebih dahulu.

Berkas Serah Terima NSI Covid-19

Proses serah terima berlangsung dengan Kepala Bapelkes Semarang memparaf berkas, yang diserahkan kepada perwakilan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kepala Bidang Pendayagunaan SDMK Dalam Negeri
dr. Mawari Edy, M.Epid

Kepala Bidang Pendayagunaan SDMK Dalam Negeri, dr. Mawari Edy, M.Epid  mewakili Kepala Pusrengun memberikan pembekalan singkat kepada tenaga kesehatan NSI yang hadir. “Pesan jiwa korsa, jaga diri, jaga teman, jaga Kemenkes dan jaga NKRI. Saya akan memberi tips bagaimana caranya. Kalian diminta untuk mengamati dan mengawasi dua teman kalian. Sehingga nanti dipastikan satu orang akan mengawasi 2 (dua) orang, dan akan dipantau 2 (dua) orang yang lain. Saling mengenal dan memantau kondisi, dipastikan sehingga dalam suatu kondisi tertentu, tidak ada yang tercecer. Kemenkes mempnyai misi untuk membantu masyarakat. Sebelumnya pada saat pembekalan sudah diberikan, saatnya membuktikan hal itu. Saya juga berharap teman-teman mematuhi aturan yang ada di RSUP,” pungkasnya. (ar)

Leave a Reply

seventeen − four =