PUNCAK PERINGATAN HKN KE- 56 BAPELKES SEMARANG

Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, diisi Bapelkes Semarang dengan rangkaian kegiatan. HKN ke-56 pada tanggal 12 November 2020 ini memiliki tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, dengan sub tema Jaga Diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemic COVID-19. Sebelumnya sudah dilakukan pemasangan spanduk dan umbul-umbul HKN di Kampus Semarang dan Salaman. Selain itu untuk menyemarakkan HKN, seluruh peserta pelatihan menggunakan Background Zoom HKN ke-56 .

Bapelkes Semarang mengikuti Upacara Peringatan HKN ke-56 dengan Inspektur Upacara Menteri Kementerian Kesehatan secara virtual. Upacara diikuti oleh pejabat struktural dan pegawai Bapelkes Semarang di Ruang Jatayu, Kampus Semarang.

Selepas upacara, Menteri Kesehatan menyampaikan beberapa penghargaan, salah satunya Penghargaan di Lingkungan Kemenkes yang memenuhi persyaratan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020. Bapelkes Semarang memperoleh Piagam WBK sebagai Unit Kerja yang Memenuhi Persyaratan Menuju WBK Tahun 2020 bersama 8 (delapan) satuan kerja lainnya.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh pegawai Bapelkes Semarang atas penghargaan yang diterima. Ibu Kepala memotong nasi tumpeng dan menyerahkan kepada setiap perwakilan Kelompok Kerja (Pokja) WBK Bapelkes Semarang.

Di tempat terpisah, Bapelkes Semarang mengikuti rangkaian kegiatan HKN ke-56 di Kabupaten Magelang. Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab Magelang dan Organisasi Profesi se- Kab Magelang. Bapelkes Semarang diwakili oleh Kepala Seksi Fungsional, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes dan Eva Kartikasari, S.ST mengikuti pengabdian masayarakat.

Rasa Harbakti, SKM, M.Kes mengikuti kegiatan di Posko pengungsi Desa Taman Agung Kab Magelang. Pengungsi berjumlah 50 orang lanjut usia (lansia) dan balita serta ibu hamil. Penyerahan donasi dari keluarga Bapelkes Semarang diterima oleh Bendahara Dinkes Kab Magelang. Donasi diperuntukkan untuk pengadaan sembako, multi vitamin, biskuit dan kebutuhan pengungsi di 6 Posko di wilayah Kab Magelang. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian edukasi mencuci tangan bagi pengungsi anak anak oleh Tim Puskesmas Muntilan 1.

Eva Kartikasari, S.ST mengikuti rombongan ke Posko Pengungsi Deyangan, ikut berperan mengedukasi dari bilik ke bilik dengan tim posko tersebut. Jumlah pengungsi sebanyak 128 orang.

Menutup Peringatan HKN ke-56, dilakukan Tepuk Tangan Bersama sebagai dukungan dan motivasi kepada tenaga kesehatan. Tepuk tangan bersama diikuti pegawai baik di Kampus Semarang maupun Salaman via zoom meeting. Begitu pula, wakil Bapelkes Semarang bersama Dinas Kesehatan Kab Magelang dan Organisasi Profesi se- Kab Magelang melakukan tepuk tangan bersama. (ar)

Leave a Reply

seventeen + eight =