Penutupan Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang I

Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang I ditutup secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang (11/02).

Ketua Panitia, Sulkan, S.Kp,Ns menyampaikan laporan penyelenggaraan. Workshop telah diselenggarakan selama dua hari efektif pada tanggal 10-11 Februari 2021, dengan metode full online. Peserta workshop sejumlah 445 orang, yang berasal dari Puskesmas di Jawa Tengah.

Fasilitator berasal dari Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Selain penyampaian materi, fasilitator juga mendampingi peserta pada saat praktikum penggunaan kit RDT Antigen dan pengambilan sampel. Peserta didampingi oleh supervisor yang ditunjuk oleh Puskesmas asal masing-masing peserta.

Moderator workshop merupakan widyaiwara Bapelkes Semarang. Angkatan 1 dimoderatori oleh Dra. Nila Arianingsih, Apt.,MQIH, sedangkan Angkatan 2 oleh Asih Kunwahyuningsih, S.Pd, M.Kes. Moderator memberikan kesempatan tanya jawab dan diskusi pada setiap sesi paparan materi.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dalam sambutannya menyampaikan beberapa upaya dilakukan dalam memutus rantai penularan COVID-19. Selain 3 M juga dilakukan proses 3 T, saat ini penekanan terhadap Testing.

“Apa yang didapat di workshop sangat bermanfaat, bagaimana melaksanakan tes bagi orang-orang yang melakukan kontak kepada masyarakat yang terkena COVID-19. Secara paralel kita akan melaksanakan Workshop Tracer bagi Kamtibmas dan Babinsa pada tanggal 22 Februari, ” terangnya.

Menutup sambutannya, Kepala Bapelkes berharap kepada peserta pelatihan agar segera mengimplementasikan, sehingga proses pelaksanaan tes lebih cepat, tidak terkendala di lapangan, dan bisa segera langsung mengetahui hasilnya. (ar)

#bapelkessemarang
@puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @balitbangkes @dinkesjateng_prov

Leave a Reply

two × two =