Penutupan Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang 2

Peserta workshop diharapkan dapat ditunjuk sebagai tenaga kesehatan yang langsung terlibat dalam pemeriksaan dengan RDT-Ag di Puskesmas. Hal ini disampaikan Kepala Bapelkes Semarang saat menutup Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang 2 (16/02).

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM mengapresiasi pihak-pihak yang berperan serta menyukseskan penyelenggaraan workshop. Apresiasi ditujukan kepada Tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dan Bapelkes Semarang.

Kepala Subbag ADUM Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns melaporkan bahwa penyelenggaraan workshop ini secara umum telah terselenggara dengan baik. Pelaksanaan workshop hari pertama berupa sesi penyampaian materi, dan hari ke- 2 berupa sesi praktikum pengambilan sampel, presentasi video dan diskusi troubleshooting.

Gelombang 2 terdiri dari dua angkatan, Angkatan 3 dan 4. Angkatan 3 dimoderatori oleh Murcita, S.Pd, M.Kes, dengan jumlah peserta sebanyak 355 orang. Sedangkan Angkatan 4 dimoderatori oleh dr. Nine Luthansa, MPH dengan jumlah peserta 379 orang.

Dinkes Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabid SDMK, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM,M.Kes turut memberikan sambutan dalam acara penutupan. Pihaknya menyampaikan bahwa terkait upaya peningkatan testing dan tracing, Pemerintah menetapkan penggunaan RDT Antigen di Puskesmas-Puskesmas.

Lebih lanjut disampaikan, alat RDT Antigen per tanggal 16 Februari 2021 sudah tersedia di gudang Wisma Perdamaian Semarang. “Mulai hari ini sudah bisa diambil dan harus segera didistribusikan di Puskesmas – Puskesmas. Pas sekali dengan teman-teman yang sudah selesai workshop. Antigen sudah ready, saatnya untuk segera diimplementasikan, segera dimanfaatkan,”ungkapnya.

Mengakhiri sambutan, piihaknya mengucapkan terimakasih kepada BPPSDMK, Puslat SDM Kesehatan dan Bapelkes Semarang yang telah memfasilitasi pelaksanaan workshop ini. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @balitbangkes

Leave a Reply

three × four =