Penutupan Pelatihan Vaksinator COVID-19 Tahun 2021 Gelombang 4 Wilayah Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur

Pelatihan Vaksinator COVID-19 Tahun 2021 Gelombang 4 Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ditutup secara resmi oleh Kapuslat SDMK pada Sabtu, 16 Januari 2021.

“Terimakasih atas semangat pengabdian Bapak/Ibu sekalian, dimana kami sangat mengharapkan setelah pelatihan ini langsung bertugas, ” harap Kapuslat SDMK.

Lebih lanjut Kapuslat SDMK menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa fasyankes yang masih belum dilatih vaksinatornya. Menindaklanjuti hal tersebut, diharapkan Bapelkes Semarang melengkapi data peserta per kab/kota dan fasyankesnya. Selanjutnya Bapelkes Semarang dapat bekerjasama dengan Dinkes Provinsi/Kab/Kota untuk memberikan data data jumlah vaksinator di setiap fasyankes.

“Kalau kemarin kita punya data per provinsi, sekarang kita memetakan data per kab/kota. Selanjutnya kita diminta untuk memetakan vaksinator per fasyankes. Karena pelaksanaan di fasyankes, Puskesmas, RS Swasta/ Pemerintah dan Klinik, “terangnya.

Pada akhir sambutannya, Kapuslat SDMK menyampaikan persyaratan fasyankes yang dapat melaksanakan vaksinasi. “Fasyankes harus memenuhi persyaratan antara lain sudah terintegrasi dengan P Care, memenuhi sarana prasarananya dan ada vaksinatornya. Jadi kita dituntut untuk pemenuhan vaksinator di setiap fasyankes,” pungkasnya.

P Care adalah aplikasi yang menawarkan fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti kunjungan ke Puskesmas, klinik, atau laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan.

Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan jumlah peserta pelatihan sebanyak 823 orang terdiri dari Jateng 401 orang dan Jatim 422 orang. Peserta berasal dari instansi Puskesmas, Rumah Sakit baik pemerintah/swasta, serta Klinik yang ditunjuk untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Narasumber dan fasilitator pelatihan berasal dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemkes RI, KOMNAS dan KOMDA KIPI, Dinkes Prov Jateng dan Jatim serta Dinkes Kab/Kota di Wil Prov Jateng dan Jatim serta widyaiswara Bapelkes Semarang, Bapelkes Murnajati dan Bapelkes Gombong.(ar)

#bapelkessemarang @badanppsdmkes @puslatsdmkesehatan @kemenkes_ri

Leave a Reply

two × 2 =