Penutupan Pelatihan Vaksinator COVID-19 Jatim Akt 6

Pelatihan Vaksinator COVID-19 Jatim Akt 6 telah selesai dilaksanakan. Pelatihan telah dilaksanakan selama selama 4 (empat) hari dari tanggal 18-21 November 2020. Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM telah menutup pelatihan secara online pada Sabtu, 21 November 2020.

Dalam sambutan yang disampaikan, Ibu Kepala menyampaikan pentingnya acara ini. “Acara sore hari ini bukanlah acara seremonial belaka,karena ini merupakan balutan tekad kita bersama, merupakan tanggungjawab kita bersama dalam mencegah, mengendalikan, termasuk memutus mata rantai penularan COVID-19.” jelasnya. Lebih lanjut, Ibu Kepala memberikan apresiasi bagi tenaga vaksinasi. “Dan ini adalah tugas mulia bagi Bapak/Ibu yang berada di bagian garda terdepan di pelayanan. Kami sangat mengapresiasi, kami titip program ini dapat dilakukan dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Laporan penyelenggaraan pelatihan disampaikan oleh Kepala Seksi Pelatihan Teknis, Siti Nurchasanah, S.Si.T,MPH. Peserta telah mengikuti pembelajaran secara full online menggunakan aplikasi zoom, yang diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test. Proses pembelajaran meliputi pemberian materi dasar, materi inti dan materi penunjang.Pelatihan diikuti sebanyak 344 orang dari target 338 peserta. Peserta berasal dari tenaga kesehatan Puskesmas, fasilitas kesehatan Polda dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Secara rinci, peserta berasal dari Puskesmas Kota Pacitan, Blitar, Pamekasan, Sumenep, Tulungagung, Sampang, Madiun, Mojokerto, dan Probolinggo. Sedangkan peserta lainnya berasal dari Polda Jatim, Polda perwakilan provinsi lain, dan KKP Kelas 1 Surabaya.

Narasumber dan fasilitator pelatihan berasal dari Subdit Imunisasi, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Dinkes Prov Jatim, DKK Gresik, DKK Tuban, DKK Bangkalan, DKK Lumajang, KOMDA KIPI Jawa Timur dan widyaiswara Bapelkes Semarang.Penyampaian pesan dan kesan peserta disampaikan oleh dr. Agus Winarto dari Puskesmas Slumbung, Kab Blitar. Sedangkan pembacaan doa penutupan dipimpin oleh dr. Mansur Safi’I dari Puskesmas Banjarejo Tulungagung. (ar)

Leave a Reply

nine + 18 =