Penutupan Pelatihan Vaksinator COVID-19 Akt 1 dan 2 DIY

Pelatihan Vaksinator COVID-19 tahun 2020 Akt 1 dan 2 wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi ditutup oleh Kepala Puslat (Kapuslat) SDMK pada Kamis, 3 November 2020.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Peserta telah mengikuti pembelajaran secara full online menggunakan aplikasi zoom selama 4 hari, dari tanggal 30 November s.d 3 Desember 2020. Jumlah peserta pelatihan Vaksinator COVID-19 DIY Akt 1 dan 2 sebanyak 320 orang.

Pelatihan berjalan cukup lancar, dengan narasumber dan fasilitator yang berasal dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemkes RI, Direktorat Promkes Kemkes RI, KOMNAS KIPI serta widyaiswara Bapelkes Semarang dan Bapelkes Provinsi DIY.

Kapuslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes menyampaikan sambutan pada penutupan ini. Kapuslat menyampaikan untuk persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, selain pelatihan juga dilakukan webinar. “Daerah DIY yang sudah mengikuti webinar sebanyak 404 orang, kalau ditambah dengan pelatihan 320 orang. Alhamdulillah sudah tersosialisasikan kepada 724 tenaga kesehatan di Yogyakarta, “jelasnya.

Lebih lanjut, Kapuslat berpesan kepada tenaga kesehatan untuk melaksanakan tiga peran. Peran pertama, menjadi contoh yang baik dalam masyarakat untuk divaksin. Peran ke-dua, menympaikan info yang benar terkait vaksinasi. Dan peran terakhir sebagai vaksinator COVID-19.

Perwakilan peserta, Sugiarto, MPH dari Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo memberikan kesan pesan peserta. Sedangkan dr. Istiyanto dari Puskesmas Tepus I Kab. Gunung Kidul memimpin doa penutupan pelatihan. (ar)

Leave a Reply

3 × 2 =

Open chat