Penutupan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes Tahun 2021 Gelombang 12

Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan wilayah Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur Gelombang 12 telah selesai dilaksanakan. Pelatihan ditutup secara resmi oleh Kasubbag ADUM Bapelkes Semarang pada Sabtu, 13 Februari 2021. Perwakilan peserta, dr. Krist Nathania Benita dari RS Sumber Sentosa Kab. Malang menyampaikan kesan pesan peserta pada penutupan pelatihan.

Laporan penyelenggaraan pelatihan disampaikan oleh Koordinator Bagian Pelatihan Teknis Kesehatan, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH. Pelatihan selama 3 hari dari tanggal 11-13 Februari 2021, diawali dengan penjelasan materi dasar. Pelatihan dilanjutkan dengan penjelasan materi inti dan materi penunjang, serta diakhiri dengan seminar hasil Praktik Lapangan.

Peserta pelatihan sebanyak 1.153 orang, yang terdiri dari Jateng 767 orang dan Jatim 386 orang. Peserta berasal dari instansi Poltekkes Kemenkes Surakarta, Puskesmas, Rumah Sakit baik pemerintah maupuan swasta, serta Klinik yang ditunjuk untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Kasubbag ADUM Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns menyampaikan tujuan pelaksanaan pelatihan, yaitu untuk mempersiapkan petugas Kesehatan yang bekerja dalam pelayanan vaksinasi dalam meningkatkan keterampilannya melakukan vaksinasi COVID-19.

Lebih rinci, terdapat empat tujuan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Pertama, untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19. Ke-dua, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat. Ke-tiga, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. Dan yang terakhir, menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi. (ar)

#bapelkessemarang
@puslatdmkesehatan
@badanppsdmkes
@kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @dinkesjatim @rs_sumbersentosa

Leave a Reply

three × two =

Open chat