Penutupan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes Tahun 2021 Gelombang 11

Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes Tahun 2021 Gelombang 11 Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur telah ditutup secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang (10/02). Penutupan pelatihan diawali dengan penyampaian kesan pesan peserta oleh Aidha Nurlaely, S.Kep, NS dari Puskesmas Bukateja Kab. Purbalingga.

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan bahwa pelatihan sudah terselenggara dengan baik. Peserta telah mengikuti pembelajaran secara full online selama 3 hari.

Pelatihan diikuti oleh 1.087 peserta, yang terdiri dari Jateng 631 orang dan Jatim 456 orang. Peserta berasal dari instansi Poltekkes Kemenkes Surakarta, Puskesmas, Rumah Sakit baik pemerintah maupuan swasta, serta Klinik yang ditunjuk untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah sedang memperkuat di semua lini sektor untuk memutus rantai penularan COVID-19, salah satunya vaksinasi. “Kami harap untuk tenaga kesehatan, selain sebagai tenaga vaksinator, juga role model dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait vaksinasi, “harapnya.

Selain itu upaya yang dilakukan, dengan penguatan 3T yaitu testing, tracing, dan treatment. Untuk treatment, saat ini di beberapa Fasyankes seperti RS, sudah melebihi kapasitasnya. Sehingga pola pendekatan dilakukan tracing dengan baik dan bagaimana dilakukan tesnya.

Semarang telah melaksanakan Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas. “Bagaimana kita melakukan screening secara tepat dengan RDT Antigen karena hasil SWAB waktunya relatif lama. Selain itu untuk tracing kita akan melaksanakan Pelatihan Tracer,” pungkasnya. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @dinkesjatim

Leave a Reply

4 × two =