Penutupan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID – 19 bagi Vaksinator di Fasyankes Tahun 2021 Gel 8

Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Tahun 2021 Gel 8 resmi ditutup oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM (30/01).

Acara diawali dengan penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan peserta oleh Lailatul Arifah, AMd. Kep dari Puskesmas Ujungpangkah Kab. Gresik. Selanjutnya Laporan penyelenggaran pelatihan disampaikan oleh Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH.

Peserta telah mengikuti pembelajaran secara full online menggunakan aplikasi zoom selama 3 hari dari tanggal 28 – 30 Januari 2021. Target peserta pelatihan Gel 8 sebanyak 800 orang, masing-masing 400 orang dari Jateng dan Jatim.

Jumlah peserta pelatihan Gel 8 sebanyak 1.012 orang, terdiri dari Jateng 472 orang dan Jatim 540 orang. Peserta berasal dari instansi Puskesmas, Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta, serta Klinik yang ditunjuk untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Kepala Bapelkes Semarang dalam sambutannya, menyampaikan perlunya langkah-langkah percepatan dalam proses vaksinasi COVID-19. “Direncanakan vaksin akan selesai dalam waktu 1 tahun, salah satunya car dapat dilakukan vaksinasi masal untuk mengejar target. SDM Kesehatan diharapkan tanggal 21 Februari sudah selesai divaksin, “jelasnya.

Dalam menghadapi pandemi COVID-19, upaya pemberian vaksin sangat penting dilakukan. “Selain itu perlu dilakukan upaya lainnya. Yang perlu digarisbawahi kita bisa berPerilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan tetap menjaga Protokol Kesehatan,”ujarnya. Tenaga kesehatan berperan menjadi role model untuk divaksin, komunikator bagi masyarakat dan menjadi petugas vaksinator COVID-19. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @dinkesjatim

Leave a Reply

three × four =

Open chat