Penutupan Pelatihan PKH di Masa Pandemi COVID-19 Bapelkes Semarang Gelombang 1 Tahun 2021

Penutupan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Haji (PKH) di Masa Pandemi COVID-19 Embarkasi Surabaya Bapelkes Semarang Gelombang 1 Th. 2021 telah dilaksanakan pada Sabtu, 8 Mei 2021 secara virtual. Acara penutupan dihadiri oleh pengendali pelatihan, petugas quality control, panitia serta peserta pelatihan. Penutupan diawali dengan penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan peserta oleh dr. Hamsawi , SH dari Puskemas Teja Kab. Pamekasan.

Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan sudah sesuai jadual dan berjalan dengan lancar. Pembelajaran terdiri dari materi dasar, materi inti dan materi penunjang sejumlah 30 JP. Fasilitator pelatihan berasal dari Tim Fasilitator Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Peserta pelatihan berjumlah 124 orang, yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Bali dan NTT. Seluruh peserta telah memenuhi persyaratan sehingga berhak memperoleh sertifikat.

Pelatihan secara resmi ditutup oleh Plh. Kepala Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp.Ns. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa tujuan dari Pelatihan PKH yaitu untuk meng-update pengetahuan berkaitan dengan kondisi Pandemi COVID-19 dan menyiapkan tenaga kesehatan yang mampu melayani kesehatan jamaah haji, sehingga jamaah haji dapat melaksanakan prosesi ibadahnya dengan baik. Penyelenggaraan ibadah haji mengacu pada UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Selanjutnya disampaikan harapan kepada seluruh peserta. “Bapak/ Ibu pelayan tamu Allah. Tugas yang akan saudara emban adalah tugas mulia, tugas yang sangat berat yaitu melayani tamu-tamu Allah SWT dengan kharakteristik bermacam-macam. Untuk itu kita harus sabar dan ikhlas jangan mengeluh dan tetap semangat. Kepada para peserta saya ucapkan selamat, selamat bertugas, jadilah Petugas Kesehatan yang amanah, Anda adalah pelayan tamu-tamu Allah SWT, “harapnya. Penutupan pelatihan diakhiri pembacaan doa yang diimpin oleh Muh. Zakiyul Ghulam, Amd.Kep dari Puskesmas Genteng Kulon Kab. Banyuwangi (ar)

Leave a Reply

three × one =