Penutupan Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk Tim Gerak Cepat di Puskesmas Akt 3 dan 4 Bapelkes Semarang Th. 2021

Sebanyak 52 peserta Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk Tim Gerak Cepat di Puskesmas Akt 3 dan 4 Bapelkes Semarang Th. 2021 telah selesai mengikuti pelatihan. Pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang secara daring pada Sabtu (26/06).

dr. Indra Aristianto dari Puskesmas Jatisrono I, Kab. Wonogiri menyampaikan pesan dan kesan peserta mengawali acara penutupan. Selanjutnya, laporan penyelenggaraan pelatihan disampaikan oleh Koordinator Bagian Pelatihan Teknis Kesehatan, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH.

Pelatihan telah diselenggarakan pada tanggal 21 – 26 Juni 2021 dengan metode full online. Materi pelatihan sejumlah 47 JPL disampaikan dengan metode pembelajaran berupa ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan praktek. Peserta pelatihan berasal dari 20 Puskesmas di 8 (delapan) Kabupaten di Wilayah Jawa Tengah antara lain Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, Klaten dan Semarang. Sedangkan fasilitator pelatihan berasal dari Dinkes Prov Jawa Tengah, KKP Kelas II Semarang, Balai Labkes PAK Prov Jawa Tengah dan RSUD Tugurejo Semarang.

Dalam sambutannya, Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM mengutarakan bahwa hasil pelatihan ini akan mendukung kinerja sehari-hari peserta sebagai Tim Gerak Cepat (TGC) dalam Penanggulangan KLB dan Wabah di wilayah kerjanya. Lebih lanjut, tenaga yang sudah dilatih ini akan melakukan penyesuaian – penyesuaian manajemen yang diperlukan di Puskesmas.

Penyelenggaraan Penanggulangan KLB dan Wabah sebagai respon dampak yang terjadi akibat COVID-19 sekaligus mencegah penularan COVID-19 serta penyakit lainnya pada saat penyelenggaraan pelayanan. “Kami harapkan nantinya Bapak/ Ibu mampu berperan sebagai Tim Gerak Cepat Puskesmas yang kompeten dan dapat berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Ibu Bapak sekalian, “pungkasnya. Penutupan diakhiri pembacaan doa yang dipimpin oleh Muji Prihatin, AMK dari Puskesmas Teras Kab. Boyolali. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov

Leave a Reply

15 − five =