Penutupan Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk TGC di Puskesmas Angkatan 1 dan 2 Tahun 2021

Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk TGC di Puskesmas Angkatan 1 dan 2 Tahun 2021 telah ditutup secara resmi oleh Plh. Kepala Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns (17/04).

Dalam sambutannya, Plh. Kepala Bapelkes Semarang menyampaikan bahwa penyelenggaraan pelatihan ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana melakukan upaya penanggulangan KLB dan wabah di wilayah kerja Puskesmas, melakukan pencegahan dan pengendalian, manajemen kasus dan pengelolaan spesimen serta komunikasi risiko. Yang tidak kalah penting, pelatihan ini juga memberikan gambaran bagaimana melakukan kerjasama tim dalam penanggulangan penyakit menular potensial KLB dan wabah.

“Kami harapkan nantinya Bapak/ Ibu tidak hanya mampu berperan sebagai Tim Gerak Cepat Puskesmas kompeten, tetapi juga dapat berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Ibu Bapak sekalian,” pesannya kepada seluruh peserta.

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH melaporkan penyelenggaraan pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan sudah sesuai jadual dan berjalan dengan lancar.

Pelatihan terdiri dari materi dasar, materi inti dan materi penunjang sejumlah 47 JP yang diberikan oleh fasilitator dari Dit. Surkarkes dan Dinkes Provinsi Jawa Tengah serta Widyaiswara Bapelkes Semarang.

Peserta pelatihan sejumlah 60 orang yang berasal dari Kab Sukoharjo, Pati, Jepara, Kendal, Banyumas, Kebumen dan Blora. Peserta secara keseluruhan telah memenuhi standar kelulusan 95% kehadiran, sehingga seluruh peserta berhak memperoleh sertifikat. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov

Leave a Reply

nineteen − sixteen =