Penutupan Pelatihan Pemeriksaan PCR COVID-19 bagi ATLM Akt I dan II Th. 2021 Bapelkes Semarang

Pelatihan Pemeriksaan PCR COVID-19 bagi ATLM Akt I dan II Th. 2021 Bapelkes Semarang resmi ditutup oleh Kepala Bapelkes Semarang bertempat di Aula B2P2VRP Salatiga (23/06). Mengawali acara penutupan, Peneliti dari Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Badan Litbangkes, Ida Susanti, S.T, M.SI menyampaikan apresiasi kepada Bapelkes Semarang, B2P2VRP Salatiga dan peserta, bahwa pelatihan telah sukses dilaksanakan di tengah situasi pandemi.

Sementara Koordinator Tata Usaha B2P2VRP Salatiga, dr. Bagus Febrianto, M.Sc menyampaikan jika pelatihan ini sangat bermanfaat. “Semakin banyak tenaga ATLM terlatih, maka semakin cepat terdeteksi kasus COVID-19, “ungkapnya. Pihaknya sekaligus menyerahkan kembali sejumlah 28 peserta Akt 1 dan 27 peserta Akt 2 kepada Bapelkes Semarang.

Pelatihan dilaksanakan dengan metode blended learning seperti yang diutarakan Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH. Pembelajaran daring dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 11 Juni 2021. Dilanjutkan dengan pembelajaran klasikal pada materi PKL pada tanggal 14 s/d 16 Juni untuk Akt 1 dan tanggal 21 s/d 23 Juni 2021 untuk Akt 2 di B2P2VRP Salatiga. Seluruh peserta pelatihan yang berasal dari jaringan Laboratorium Kemenkes RI telah menyelesaikan pelatihan dan berhak mendapatkan sertifikat.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dalam sambutannya, menyebutkan tujuan penyelenggaraan pelatihan ini agar peserta mampu melakukan pemeriksaan PCR COVID-19. Ucapan terimakasih disampaikan kepada B2P2VRP Salatiga yang telah mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan ini dengan menjadi lahan PKL.Mengakhiri sambutannya, disampaikan pesan untuk seluruh peserta pelatihan. “Acara penutupan ini bukanlah sebuah acara seremonial belaka, tetapi merupakan suatu balutan tekad yang menjadikan diri Bapak/ Ibu bertanggung jawab sebagai tenaga pelaksana pelayanan pemeriksaan PCR COVID-19 yang berkualitas dan dapat mencapai target cakupan yang diharapkan, “ pungkasnya. #bapelkessemarang @puslatsdmkes @badanppsdmkes @balitbangkes

Leave a Reply

19 − five =