Penutupan Pelatihan Pandu PTM Di FKTP Tahun 2021

Pelatihan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Pandu PTM) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Tahun 2021 ditutup secara resmi oleh Plh. Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns (08/05). Penutupan dihadiri oleh Pengendali Pelatihan, Petugas Quality Control dan panitia serta peserta pelatihan.

Dalam sambutannya disampaikan harapan kepada para peserta yang nantinya sebagai pelaksana kegiatan pandu PTM dapat berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan di wilayahnya. Selain itu dapat mendukung kinerja sehari-hari sebagai SDM yang akan mengkoordinir penyelenggaraan pelayanan terpadu PTM di tempat kerjanya.

“Tenaga yang sudah dilatih ini akan membuat Puskesmas segera melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan dalam melakukan manajemen maupun penyelenggaraan pelayanan terpadu PTM di Puskesmas sebagai respon dampak yang terjadi akibat COVID-19. Sehingga diharapkan Puskesmas mampu menyelenggarakan upaya pencegahan dan pengendalian terpadu PTM, “harapnya.

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan pada tanggal 30 April s.d 8 Mei 2021 sudah sesuai jadual dan berjalan dengan lancar. Pelatihan terdiri dari materi dasar, materi inti dan materi penunjang sejumlah 56 JP, yang diberikan oleh fasilitator dari Tim Fasilitator Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seluruh peserta telah memenuhi persyaratan dalam pelatihan, sehingga berhak memperoleh sertifikat.

Proses pembelajaran dilaksanakan secara daring untuk pembelajaran di kelas. Selain itu peserta melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Puskesmas masing-masing dibimbing oleh Dinkes Kabupaten masing-masing. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan Seminar Hasil PKL.

Pelatihan Pandu PTM sebanyak 2 angkatan dengan peserta sejumlah 60 orang. Peserta Angkatan 1 berasal dari Kab. Salatiga, Sukoharjo dan Kudus. Sedangkan peserta Angkatan 2 berasal dari Kabupaten Jepara, Pekalongan dan Batang. Perwakilan peserta, Moh. Fajeri, Ns., S.Kep dari Dinkes Kab Batang menyampaikan kesan pesan peserta dalam penutupan pelatihan ini. (ar)

#bapelkessemarang
@puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri

Leave a Reply

twenty − 6 =