Penutupan Pelatihan Jabfung Sanitarian Jenjang Ahli Bapelkes Semarang

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menutup Pelatihan Jabatan Fungsional (Jabfung) Sanitarian Jenjang Ahli Bapelkes Semarang pada Sabtu, 17 Oktober 2020. Pelatihan telah dilaksanakan sejak tanggal 5 s/d 17 Oktober 2020.

Ibu Kepala dalam sambutannya menyampaikan peran strategis tenaga Sanitarian dalam penanganan Covid-19. Peran utama pada level masyarakat, untuk melakukan komunikasi risiko dan edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan untuk melawan Covid-19.

Sambutan Kepala Bapelkes Semarang

Peran selanjutnya, terkait penyelidikan kasus dan investigasi wabah. Tenaga kesehatan masyarakat terutama sanitarian diharapkan memiliki kemampuan dalam memahami pola-pola promotif dan preventif Covid-19 di masyarakat. Hal ini diperlukan dalam merancang program dan kebijakan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Laporan Ketua Panitia

Rasa Harbakti, SKM, M.Kes selaku Kepala Seksi Pelatihan Fungsional Bapelkes Semarang menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan terdiri dari materi dasar, materi inti dan materi penunjang telah diberikan sejumlah 90 JP (Jam Pelajaran) yang diberikan oleh fasilitator dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes, Pusat Pelatihan SDM-Kes, Puskat Mutu SDM-Kes, BTKL Yogyakarta serta Widyaiswara Bapelkes Semarang.

Peserta berjumlah 30 orang dengan rincian yaitu RS/RSUD sebanyak 9 orang, Dinas Kesehatan/Puskesmas sebanyak 9 orang, BTKL-PP sebanyak 3 orang dan KKP sebanyak 9 orang. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan lancar dimulai dengan Pretest. Pembelajaran selama 12 hari efektif meliputi pembelajaran teori materi dasar, penyampaian pengetahuan dan ketrampilan pada materi inti dan materi penunjang. Pembelajaran dilanjutkan dengan PKL mandiri yang diseminarkan secara individual serta diakhiri dengan pelaksanaan Post Test dan Penyusunan RTL.

Tiga peserta memperoleh nilai tertinggi berdasarkan Evaluasi Substansi dan Evaluasi Perilaku. Nilai dari substantif terhadap materi inti dan nilai sikap perilaku peserta meliputi disiplin serta partisipasi. Nilai yang diperoleh masing- masing sebesar 89,92, atas nama Ady Hartanto, A.Md.KL, SKM, Atikah Mulyawati, S.K.M dan Bintar Wahyu Ismail, SKM.

Kesan pesan peserta disampaikan oleh Satida Fargiani, SKM, M.Kes dari Dinkes Kota Semarang. Acara penutupan ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Adib Mubarok, SKM dari KKP Semarang. (ar)

Leave a Reply

three × two =