Penutupan Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Ahli Kerjasama Dinkes Kab. Pekalongan dengan Bapelkes Semarang

Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Ahli Kerjasama Dinkes Kab. Pekalongan dengan Bapelkes Semarang ditutup secara resmi oleh Plh. Bapelkes Semarang (24/04). Penutupan pelatihan dihadiri oleh perwakilan Dinkes Kab. Pekalongan, widyaiswara, Fasilitator, Pengendali Diklat, Panitia dan Petugas QC Bapelkes Semarang serta peserta pelatihan.

Plh. Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns menyampaikan sambutan dalam penutupan ini. Permenkes No. 18 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan menjelaskan bahwa mulai pada tahun 2022 perpindahan jabatan, alih kategori, dan promosi untuk 30 jenis JFK dilakukan melalui Uji Kompetensi, sehingga Pelatihan Jabfung hanya wajib diikuti 1 kali pada awal masuk pada jabfung. Sedangkan pengembangan kompetensi jabatan dapat melalui diklat, seminar, kursus, penataran, pertukaran PNS dan swasta dan Praktik kerja.

Menutup sambutannya, Plh. Kepala Bapelkes Semarang berpesan, “Kami berharap setelah anda selesai mengikuti pelatihan ini dan kembali ke instansi masing-masing, senantiasa dapat menjunjung tinggi nilai-nilai yang telah diajarkan dalam pelatihan ini dan diharapkan dapat menghasilkan tenaga Bidan yang berkualitas.”

Yuli Budi Utomo, SST, M.Kes menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan telah berlangsung dengan baik pada tanggal 12 s/d 24 April 2021. Peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang berasal dari Kab dan Kota Pekalongan.

Narasumber dan fasilitator berasal dari Dir. Yankes Primer Kemenkes, Puskatmutu SDM Kesehatan, RSUP Dr. Kariadi Semarang, Dinkes Kab. Pekalongan, Dinkes Banyumas, IBI Provinsi Jawa Tengah dan Widyaiswara Bapelkes Semarang.

Seluruh peserta berhak memperoleh sertifikat pelatihan dengan jumlah 2 (dua) angka kredit, karena telah mengikuti pembelajaran minimal 95% dari 90 JPL. Peringkat 3 besar secara berurutan dicapai oleh Rini Puspitasari, S.Tr.Keb (Puskesmas Wiradesa), Citra Ayu Amalia, S.Tr.Keb (RSUD Kraton) dan Triyani, S.Tr.Keb (Puskesmas Bojong I). Pesan dan kesan peserta pelatihan disampaikan oleh Nur Hayati, S.Tr.Keb dari Puskesmas Bojong 1. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmk @kemenkes_ri @dinkeskabpekalongan

Leave a Reply

sixteen − 9 =