Penutupan Diklat PIM IV Bapelkes Semarang 2019

Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 1 Tahun 2019 dilaksanakan di Auditorium Garuda Bapelkes Semarang di Kampus Semarang (19/6). Acara Penutupan pelatihan ini dihadiri Kepala, pejabat struktural, widyaiswara, panitia dan staf Bapelkes Semarang.

Kepala Bapelkes Semarang didampingi Ketua Panitia dan mentor pada Penutupan Diklat PIM IV (19/6)

Kepala Seksi Pelatihan Manajemen dan Teknis Non Kesehatan, Mujiyono S.Sos, MM menyampaikan Laporan Ketua Panitia. Pertama, Agenda Diklat Kepemimpinan Tk. IV Kementerian Kesehatan telah berlangsung selama 17 minggu, dimulai dari tanggal 25 Februari s.d 19 Juni 2019. Ke – dua, jumlah Peserta dalam Diklat Kepemimpinan Tk. IV saat ini berjumlah 28 orang, yang berasal dari unit kerja di  lingkungan Kementerian Kesehatan. Ke – tiga, seluruh peserta telah mengikuti seluruh rangkaian Diklat Kepemimpinan Tk. IV dengan penuh perhatian, kesungguhan, kritis dan semangat yang tinggi. Ke – empat, bahwasanya penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tk. IV dibagi dalam 5 (lima) tahap yaitu Tahap I Diagnosa Kebutuhan Perubahan Organisasi, berisi  7 Materi, Tahap II Taking Ownership, total 5 hari yang di dalamnya dilaksanakan  Coaching dan Counceling, Tahap III Merancang Proyek Perubahan dan Membangun Tim, berisi 9 materi, Tahap IV Laboratorium Kepemimpinan, berupa kegiatan menerapkan rencana aksi perubahan yang telah disusun pada tahap III. Terakhir Tahap V Evaluasi, meliputi Seminar Laboratorium Kepemimpinan dan Evaluasi Kepemimpinan.

Seluruh hadirin menyanyikan Indonesia Raya pada acara Penutupan Diklat PIM IV (19/6)

Upacara Penutupan dipimpin langsung oleh Kepala Bapelkes Semarang Emmilya Rosa, SKM, MKM. Dalam sambutannya, Kepala Bapelkes Semarang menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan Diklat PIM Tingkat IV. Poin pertama, Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon IV memainkan peranan yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi serta dalam memimpin bawahan dan seluruh pemangku kepentingan strategik untuk melaksanakan kegiatan tersebut, secara efektif dan efisien. Poin kedua, Harapan dari penyelenggara pelatihan tentang kompetensi operasional yang dibangun pada Diklat PIM Tingkat IV dalam membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan dapat tercapai.   

Poin ketiga, adalah ucapan selamat kepada seluruh peserta dan tiga peserta dengan lulusan terbaik. “Saya mengucapkan selamat kepada semua peserta yang telah menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Tk. IV dan dinyatakan LULUS. Dan bagi peserta yang memperoleh nilai terbaik antara lain : (1) Yuliana Setyarini S Farm, Apt  dari RSUP dr Kariadi Semarang peringkat 1 dengan lulus sangat memuaskan, (2) dr. Rahayu Reni Utami dari RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, peringkat ke – 2 dengan lulus sangat memuaskan, dan (3) dr. Nanang Abdul Ghafur dari BBLK Surabaya peringkat ke – 3 dengan hasil sangat memuaskan.“ jelas Kepala Bapelkes Semarang. Pada akhir acara, dilakukan sesi foto bersama.

Tiga Peserta Terbaik Peserta Diklat PIM IV Bapelkes Semarang Th. 2019 berfoto bersama dengan Kepala, Kepala Seksi Diklat Manajemen dan widyaiswara Bapelkes Semarang

Komite Penjamin Mutu (KPM) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan Diklat PIM IV di Bapelkes Semarang. Hal ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan diklat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), dalam hal ini mengacu pada Perkalan No. 20 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat PIM Tk. IV. Rangkaian demi rangkaian Diklat PIM IV dilakukan monev, seperti pada saat Seminar Proyek Perubahan, Rapat Kelulusan dan Upacara Penutupan, KPM selalu hadir. (ar)

Leave a Reply

seventeen − six =