Penempatan dan Serah Terima Tenaga Kesehatan NSI Periode II Tahun 2022

Bapelkes Semarang telah menyerahkan tenaga kesehatan (nakes) Nusantara Sehat Individual (NSI) Periode II Tahun 2022 di lima provinsi penempatan, antara lain Provinsi Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Gorontalo.

Sebelumnya nakes NSI telah mengikuti pelatihan pembekalan Bapelkes Semarang pada tanggal 18 – 29 Juli 2022 secara daring.

Tenaga kesehatan yang ditempatkan meliputi Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Dokter Umum, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan dan Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Penempatan dan serah terima nakes Provinsi Maluku Utara dilaksanakan di Ternate, 31 Juli 2022. Kepala Dinkes Provinsi Maluku Utara, dr. Idhar Sidi Umar, M.Kes menyerahkan 90 nakes kepada tiga Dinkes daerah penempatan. Acara dihadiri oleh perwakilan Bapelkes Semarang dan Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan.

Sementara, sejumlah 33 orang nakes NSI penempatan Provinsi Maluku diserahkan secara resmi oleh perwakilan Biro Umum Kemenkes RI, Ferdhy Firdausy, SE, MAP kepada Kabid Yankes Dinkes Prov. Maluku, Dr. sc. agr. Drh. Faradilla Attamimi, MTAPSc. Acara yang bertempat di Kota Ambon, disaksikan oleh Koordinator Substansi Pelatihan Teknis Bapelkes Semarang dan tim, beserta perwakilan dari Kabupaten penempatan (01/08).

Selanjutnya, kegiatan serah terima nakes Provinsi NTT dilaksanakan pada Senin, 1 Agustus 2022 di Kota Kupang. Perwakilan Bapelkes Semarang, drg. Ajeng Choirin, MPH menyerahkan 21 nakes NSI kepada Kabid SDMK Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, Joyce Margriet Tibuludji, SKM, M.Kes. Kegiatan ini disaksikan oleh perwakilan dari tiga Dinkes daerah penempatan.

Terakhir, Kepala Dinkes Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., menerima secara resmi nakes NSI sebanyak 6 (enam) orang dari perwakilan Bapelkes Semarang, Arif Rahmat Kurnia, S.Gz.,MPH pada tanggal 1 Agustus 2022. Acara yang bertempat di Kota Gorontalo, dihadiri oleh perwakilan dari empat Dinkes daerah penempatan. (ar)

Leave a Reply

13 − thirteen =