Pembukaan Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang II

Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang II secara resmi dibuka oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan pada Senin, 15 Februari 2021.

Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan, dr.Trisa Wahjuni Putri, M.Kes menyampaikan dalam sambutannya bahwa diperlukan upaya untuk cakupan pemeriksaan sebagai langkah tracing dan screening kasus, dengan peningkatan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia.

Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan, memegang peranan penting. “Kompetensi pemeriksaan PCR Swab Test pasien COVID-19 harus dimiliki dengan baik oleh tenaga kesehatan di Puskesmas. Khususnya pemeriksaan Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-Ag). Hasilnya lebih cepat, mudah, dan biaya yang lebih terjangkau, “ungkap Ses Badan BPPSDMK.

Menutup sambutannya, Ses Badan BPPSDMK berharap agar peserta workshop kompetensinya semakin meningkat.” Sehingga akan meminimalisir kesalahan pengambilan spesimen, kerusakan kit RDT-Ag, kesalahan interpretasi hasil pemeriksaan, bahkan mencegah tertular dari spesimen yang diambil, “pungkasnya.

Kabid SDMK Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes mewakili Kepala Dinkes, menyampaikan bahwa salah satu upaya/ strategi penanganan dengan meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan sampai di level Puskesmas.

“Semoga semua peserta dapat mengikuti sampai selesai dan dapat mengimplementasikan dengan baik, sehingga dapat segera keluar dari pandemi COVID-19, harapnya.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan workshop diselenggarakan pada tanggal 15 16 Februari 2021 dengan metode full online. Peserta workshop merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas wilayah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Workshop Gelombang II terdiri dari dua angkatan, dengan rincian Angkatan 3 sebanyak 126 Puskesmas dan Angkatan 4 sebanyak 127 Puskesmas. Target peserta per angkatan sejumlah 253 orang. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @balitbangkes

Leave a Reply

two + 13 =