Pembukaan Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gelombang I Bapelkes Semarang

Workshop Pelaksanaan RDT Antigen bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Gel I Bapelkes Semarang telah dibuka pada Rabu, 10 Februari 2021. Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM mengawali pembukaan workshop dengan penyampaian laporan kegiatan. Workshop dilaksanakan selama 2 hari dengan metode full online, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan di Puskesmas dalam melakukan pemeriksaan sampel dengan RDT Antigen.

Peserta workshop merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas wilayah Dinkes Prov Jawa Tengah dengan latar belakang profesi Dokter Gigi, Perawat Gigi, Bidan dan Ahli Teknologi Laboratorium Medis. Persyaratan peserta yaitu belum pernah dilatih dalam pengambilan sampel swab COVID-19. Gel I terdiri dari 2 angkatan yakni Akt 1 dan 2, dengan sasaran 253 Puskesmas di Jawa Tengah.

Kabid SDMK Dinkes Prov Jawa Tengah, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan perlunya strategi agar penanganan COVID-19 lebih tepat sehingga pandemi cepat berlalu.” Salah satu upayanya dengan cara meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan, seperti dilaksanakannya workhop ini. Pengembangan SDM mutlak diperlukan, karena dengan SDM yang kuat, Indonesia akan bisa keluar dari masa pandemi COVID-19 ini, “ujarnya.

Workshop dibuka oleh Kapuslat SDMK, Oos Fatimah Rosyati, SKM, M.Kes. Kapuslat SDMK menyampaikan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah, dengan penguatan 3T yaitu pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Dengan melakukan testing dan tracing lebih massif, maka penemuan kasus dan penatalaksanaan kasusnya dapat dilakukan lebih dini.

“Puskesmas saat ini juga melakukan pemeriksaan spesimen SWAB pasien COVID-19 dari hasil tracing kontak langsung penderita COVID-19 dengan metode swab antigen. Pemeriksaan swab antigen ini merupakan rangkaian upaya 3T, “jelasnya.

Workshop terselenggara atas kerjasama antara Puslat SDMK, Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Badan Litbangkes, dan Bapelkes Semarang. (ar)

#bapelkessemarang
@puslatsdmkesehatan
@badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesprovjateng

Leave a Reply

20 − nineteen =