Pembukaan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual pada Masa Pandemi Covid-19 Angkatan I – III Tahun 2021

Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual pada Masa Pandemi COVID-19 Angkatan I – III Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang (17/03). Pembukaan dihadiri oleh Kasubbag ADUM, fasilitator, pengendali pelatihan, panitia dan peserta pelatihan serta petugas quality control.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam Mendukung Program Nusantara Sehat, merupakan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan dalam kurun waktu tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK).

Lebih lanjut, mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19, Kementerian Kesehatan sesuai dengan tugasnya yakni menjamin tersedianya sarana dan tenaga kesehatan dalam penanganan kasus COVID-19. Program NSI merupakan kolaborasi antar unit di lingkungan Badan PPSDMK. Proses rekruitmen dan penempatan serta pendayagunaan NSI dikoordinasikan oleh Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDMK, sedangkan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensinya dikoordinasikan oleh Pusat Pelatihan SDMK, melalui BBPK/Bapelkes.

Kepala Subbag ADUM, Sulkan, S.Kp, Ns menyampaikan bahwa pelatihan dilaksanakan secara Full Online dan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 29 Maret 2021. Tujuan pelaksanaan pelatihan agar peserta mampu melaksanakan pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai dengan kompetensi dan kewenangan yang dimiliki dengan menjunjung etika profesi pada masa pandemi COVID-19.

Peserta merupakan tenaga kesehatan yang telah lulus seleksi oleh Pusrengun SDMK, sebanyak 96 orang. Latar belakang profesi peserta meliputi Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Dokter Gigi, Dokter Umum, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan dan Tenaga Kesehatan Masyarakat. Sedangkan lokasi penempatan peserta yaitu Provinsi Aceh, Jawa Tengah dan Lampung. (ar)

Leave a Reply

3 × five =