Pembukaan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Masa Pandemi Covid-19 Gelombang 2 Bapelkes Semarang

Dalam rangka meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), Bapelkes Semarang menyelenggarakan Pembukaan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Masa Pandemi Covid-19 Gelombang 2 Bapelkes Semarang secara daring. Pembukaan turut dihadiri perwakilan dari Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan.

Pembekalan dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid pada Senin, 18 Juli 2022. Dalam sambutannya, Kepala menyampaikan bahwa sesuai dengan tupoksinya, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan memberikan dukungan untuk mendayagunakan tenaga kesehatan melalui skema program Nusantara Sehat Individu.

Skema program NSI ini, merupakan kolaborasi antar unit di lingkungan Dirjen Nakes. Proses rekruitmen dan penempatan serta hal-hal lainnya terkait dengan pendayagunaan NSI dikoordinasikan oleh Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan, sedangkan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensinya dikoordinasikan oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, melalui BBPK/Bapelkes.

Koordinator Substansi Pelatihan Teknis Kesehatan, Siti Nurchasanah,S.Si.T, MPH sebelumnya melaporkan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan Gelombang 2 terdiri dari tiga angkatan, yakni angkatan 7 – 9, yang dilaksanakan secara full online pada tanggal 18 – 29 Juli 2022.

Peserta pelatihan sejumlah 94 orang, yang terdiri dari profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Dokter Umum, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan dan Tenaga Kesehatan Masyarakat. Rencananya para peserta akan ditempatkan pada Provinsi Maluku, Maluku Utara. Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Gorontalo. (ar)

#bapelkessemarang

@ditmutunakes @ditjennakes @kemenkes_ri

Leave a Reply

thirteen + 11 =