Pembukaan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Masa Pandemi COVID-19 Angkatan IV – VI Tahun 2021

Plh Kepala Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns membuka secara resmi Pelatihan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Masa Pandemi COVID-19 Angkatan IV – VI Tahun 2021 pada Jumat, 16 April 2021. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Kemenkes RI menjamin tersedianya sarana dan tenaga kesehatan dalam penanganan kasus COVID-19. Badan PPSDM Kesehatan memberikan dukungan untuk mendayagunakan nakes melalui skema program Nusantara Sehat Individu (NSI).

Lebih lanjut skema program NSI ini, merupakan kolaborasi antar unit di lingkungan BPPSDMK. Proses rekruitmen dan penempatan serta hal – hal lainnya terkait dengan pendayagunaan NSI dikoordinasikan oleh Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan, sedangkan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensinya dikoordinasikan oleh Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, melalui BBPK/Bapelkes.

Menutup sambutannya, Plh Bapelkes Semarang berpesan kepada seluruh peserta, “Saya mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti dengan seksama dari awal hingga akhir pelatihan, sehingga semua materi dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik di tempat penugasannya kelak.”

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.SiT, MPH menyampaikan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 27 April 2021 secara full online. Peserta merupakan nakes yang telah lulus seleksi oleh Pusrengun SDMK Kemenkes RI sebagai tenaga kesehatan penugasan khusus individual di Puskesmas.

Peserta sejumlah 91 orang, dengan profesi antara lain Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Dokter Umum, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan dan Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Fasilitator/narasumber pada pelatihan ini berasal dari Puslat SDM Kesehatan Kemenkes RI, Pusrengun SDM Kesehatan, Pusat Krisis, PKP, Litbangkes, ( Dinkes Provinsi Sumbar, Jawa Tengah, Sulut, dan Sulawesi Tengah), Dinkes Kab./Kota Magelang dan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro serta Widyaiswara Bapelkes Semarang. (ar)

#bapelkessemarang
@puslatsdmkesehatan @nusantara_sehat
@badanppsdmkes @kemenkes_ri

Leave a Reply

eleven − one =