Pembukaan Pelatihan Vaksinator COVID-19 Gelombang 4 Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur Tahun 2021

Kepala Pusat Pelatihan SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes membuka resmi Pelatihan Vaksinator COVID-19 Gelombang 4 Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur Tahun 2021 pada Kamis, 14 Januari 2021. Pelatihan diselenggarakan dengan metode distance learning selama tiga hari.

Dalam sambutannya, Kapuslat SDMK menyampaikan bahwa imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya. Sejarah telah mencatat besarnya peranan imunisasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari kesakitan, kecacatan bahkan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) seperti Cacar, Polio, Tuberkulosis, Hepatitis B, Difteri, Campak, Rubela, Tetanus dan lainnya.

Lebih lanjut, Kapuslat menjelaskan bahwa dalam imunisasi terdapat konsep Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok. Kekebalan Kelompok ini hanya dapat terbentuk apabila cakupan imunisasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah. Sebagian besar sasaran yang telah kebal tersebut secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan pada masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah saat ini fokus dalam penyediaan vaksin COVID-19 sebagai langkah dalam pengendalian virus COVID-19 di Indonesia.

Siti Nurchasanah, S,Si.T, MPH menyampaikan tujuan penyelenggaraan pelatihan ini, diharapkan peserta mampu melakukan tata laksana vaksinasi COVID-19 di Puskesmas, Rumah Sakit maupun Klinik Kesehatan, pasca mengikuti pelatihan.

Target peserta pelatihan Gelombang 4 sejumlah 800 orang masing-masing terdiri dari 400 orang peserta dari Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peserta merupakan tenaga kesehatan yang berasal dari Instansi Puskesmas, RS milik Pemerintah maupuan Swasta serta Klinik yang ditunjuk sebagai pelaksana Vaksinasi Covid 19. Kriteria peserta pelatihan yaitu tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan dan perawat. (ar)

#bapelkessemarang @kemenkes_ri @badanppsdmkes @puslatsdmkesehatan @dinkesjateng_prov @dinkesjatim

Leave a Reply

4 × 1 =

Open chat