Pembukaan Pelatihan Vaksinator COVID-19 Gel 2 Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur Tahun 2021

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM telah membuka Pelatihan Vaksinator Covid-19 Gelombang 2 Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur Tahun 2021 (7/1). Pembukaan secara virtual dihadiri oleh 596 peserta pelatihan.

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T,MPH menyampaikan target peserta pelatihan Gelombang 2 sejumlah 800 orang. Dengan rincian peserta, masing-masing terdiri dari 400 orang peserta dari Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peserta berasal dari Instansi Puskesmas, RS milik Pemerintah, Swasta dan Klinik yang ditunjuk sebagai pelaksana Vaksinasi Covid-19. Kriteria peserta pelatihan adalah tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan dan perawat.

Dalam sambutannya, Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM,MKM menyampaikan upaya pemerintah dalam mempercepat pengendalian Covid-19. Pemerintah sedang menyiapkan vaksinasi Covid-19 yang rencananya akan dilakukan terhadap sekitar 181,5 juta penduduk. Pelaksanaan vaksinasi direncanakan akan dimulai tanggal 14 Januari 2021 dengan prioritas pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan.

Menindaklanjuti hal tersebut, perlu adanya kesiapan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi tersebut. Melalui pelatihan ini, tenaga kesehatan akan memperbarui pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan vaksinasi Covid-19, dimulai dari perencanaan sasaran, menyiapkan strategi komunikasi, tata cara pelaksanaan vaksinasi, hingga membuat pencatatan dan pelaporan.

Kepala Bapelkes juga berpesan kepada seluruh peserta pelatihan. “Petugas kesehatan yang akan melakukan imunisasi Covid-19 diharapkan dapat melakukan kegiatan pelayanan imunisasi Covid-19 yang berkualitas dan dapat mencapai target cakupan yang diharapkan,“ harapnya. (ar)

#bapelkessemarang
@dinkesjateng_prov @dinkesjatim @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri

Leave a Reply

1 × 1 =