Pembukaan Pelatihan Vaksinator Covid-19 Akt ke 1 – 4 Tahun 2021

Mengawali tahun 2021, Bapelkes Semarang menyelenggarakan Pelatihan Vaksinator Covid-19 Jawa Timur (Jatim) Akt 1-4. Pelatihan dibuka oleh Plt. Kepala Badan PPSDMK Kemenkes RI, dr. Maxi R. Rondonuwu, DHSM, MARS pada Senin, 4 Januari 2021. Pembukaan secara virtual dihadiri oleh Kepala Dinkes Provinsi Jatim dan Kepala Puslat SDMKes Kemenkes RI.

Kepala Badan PPSDMK Kemenkes RI mengharapkan dukungan daerah dan Provinsi Jawa Timur untuk memastikan vaksinator di tingkat Puskesmas sudah tersedia. Pelaksanaan vaksinasi kepada tenaga kesehatan dilakukan sebanyak dua kali untuk mengantisipasi terjadinya KIPI. “PPSDM merupakan penanggungjawab vaksinasi Jatim, kami akan fokus ke Jatim. Mulai minggu ini kami akan berkoordinasi dengan tim, “jelasnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Provinsi Jatim, dr. Herlin Ferliana, M.Kes mengucapkan terimakasih kepada Kemenkes dan Bapelkes Semarang yang telah memfasilitasi pelatihan. Pihaknya menyampaikan bahwa pada Bulan September hingga November 2020, sebanyak 2.404 tenaga kesehatan di 968 Puskesmas telah mengikuti pelatihan vaksinator Covid-19.

Sedangkan pada tahun 2021 ini, tenaga kesehatan Jatim yang akan dilatih sebanyak 7.254 orang yang terbagi dalam 73 angkatan dan 19 gelombang. “Tenaga dan logistik sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses imunisasi sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan Covid-19. Besar harapannya, tenaga kesehatan yang telah dilatih menjadi kekuatan luar biasa dalam proses vaksinasi,”harapnya.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan target peserta pelatihan Akt 1 – 4 Jatim sejumlah 400 orang yg terdiri dari tenaga Kesehatan dari Puskesmas dan RS di Wilayah Provinsi Jatim. Kriteria peserta berasal dari fasyankes dan non fasyankes.

Peserta Fasyankes merupakan tenaga kesehatan dari Kab. Mojokerto, Kab. Tuban, Kab. Bangkalan, Kab. Sumenep, RSUD Dr. Soetomo, RSU Haji, RS Paru Surabaya dan RSI Jemursari Surabaya. Sedangkan peserta non fasyankes merupakan struktural maupun staf pemegang program di Dinkes Provinsi maupun Kab/ Kota dan Widayaiswara Latkesmas Murnajati. (ar)

Leave a Reply

eleven − 3 =