Pembukaan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi Covid 19 bagi Vaksinator di Fasyankes Th. 2021 Gel. 9

Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi Covid 19 bagi Vaksinator di Fasyankes Th. 2021 Gel. 9 dibuka secara resmi oleh Kepala Puslat SDMK Kemenkes RI pada Senin, 1 Februari 2021.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan target peserta pelatihan Gel 9 sejumlah 1200 orang, masing-masing terdiri dari 600 orang peserta dari Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peserta yang hadir dalam pembukaan sejumlah 622 orang, terdiri dari Jateng 371 orang dan Jatim 251 orang.

Kepala Puslat SDMK Kemenkes RI, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan tiga besar provinsi dengan jumlah kasus COVID-19. Ketiga provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Jabar dan Jateng. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 diharapkan pada minggu ke-3 Februari sudah masuk tahap ke-2 dengan sasaran pelayan publik sebanyak 17,4 juta orang.

Menindaklanjuti hal tersebut, diperlukan jumlah vaksinator yang mencukupi. Sehingga terus menerus dilaksanakan pelatihan salah satunya oleh Bapelkes Semarang. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, kiranya nakes siap melaksanakan tugas. Oleh karena itu perlu melakukan updating pengetahuan, karena agak berbeda tidak hanya dalam hal penyuntikan, tetapi juga pemahaman terkait KIPI di lapangan, jelasnya.

Kapuslat SDMK mengharapkan pelatihan ini menjelaskan pelaksanaan vaksinasi. Beberapa perubahan yang terjadi di lapangan, akan diakomodir ke dalam Juknis baru, sebagai acuan dalam pelatihan ini. Selanjutnya pelaksanaan pelatihan akan diprioritaskan kepada Kab/Kota yang belum mendapatkan pelatihan atau jumlah vaksinatornya belum memenuhi. (ar)

#bapelkessemarang
@puslatsdmkesehatan
@badanppsdmkes
@kemenkes_ri
@dinkesprovjateng_prov
@dinkesjatim

Leave a Reply

2 × four =