Pembukaan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes Th. 2021 Gel. 11

Kapuslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes memberikan sambutan dan membuka Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes Th. 2021 Gel.11 (08/02). Pihaknya menyampaikan jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat dan telah tembus pada angka 1 juta orang pada awal Februari 2021.

Berdasarkan hal itu, Pemerintah terus melakukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Baik melalui 3 M, penyiapan Rumah Sakit, Laboratorium, APD, SDM dan obat-obatan, serta penyediaan SDM untuk testing dan tracing.

“Kita akan segera melakukan pelatihan testing dan tracing, penambahan SDM untuk Pelatihan Pengambilan SWAB dan Penggunaan Rapid Test Antigen. Juga akan dilakukan Pelatihan Treasure, kepada masyarakat selain tenaga kesehatan. Untuk Babinsa, Kamtibmas dan yang lainnya untuk meningkatkan pengendalian COVID-19,“ ungkapnya.

Lebih lanjut, disampaikan target vaksinasi dilakukan kepada 185 juta penduduk, yang merupakan persyaratan tercapainya Herd Immunity. “Menkes menyampaikan arahan dan mensosialisasikan bahwa sejak hari ini sasaran vaksinasi dimulai untuk Lansia dan penyintas COVID-19. Hal ini untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan tercapainya Herd Immunity. Dari 70% penduduk yang divaksin, diharapkan dapat melindungi penduduk lain yang belum divaksin, “jelasnya.

Kapuslat SDMK berharap melalui pelatihan ini, peserta dapat memperbarui pengetahuan dan ketrampilan terkait vaksinasi COVID-19.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM melaporkan bahwa target peserta pelatihan Gelombang 11 sejumlah 1.200 orang, masing-masing terdiri dari 600 orang peserta dari Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peserta yang hadir dalam pembukaan sejumlah 883 orang, terdiri dari Jateng 472 orang dan Jatim 411 orang.

Peserta berasal dari Instansi RSUP. Dr. Kariadi Semarang, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, Puskesmas, RS milik Pemerintah maupun Swasta, serta Klinik yang ditunjuk sebagai pelaksana Vaksinasi COVID-19. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @dinkesjatim @rskariadi @rsjsoerojomgl

Leave a Reply

18 + 7 =