Pembukaan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes, Mabes Polri dan UPT Pemasyarakatan

Kapuslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes membuka secara resmi Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi Covid 19 bagi Vaksinator di Fasyankes Gelombang 14 di wilayah Prov Jatim dan Jateng, Gelombang 3 untuk DIY, dan Gelombang 1 untuk Perwakilan Faskes di Lingkungan Mabes Polri dan Faskes di lingkungan UPT Pemasyarakatan Prov DIY, Jateng dan Jatim Tahun 2021 (18/02).

Dalam sambutannya, Kapuslat SDMK menyampaikan sasaran pelaksanaan vaksinasi tahap ke-2 ini termasuk bagi TNI/Polri. Penyediaan vaksinator bagi Polri sangat penting bagi persiapan kelancaran pelaksanaan vaksinasi. Kemenkes telah melaksanakan pelatihan bagi vaksinator sebanyak 61.390 orang. Sedangkan TNI yang sudah dilatih sebanyak 3.385 orang dan Polri sebanyak 1.585 orang.

“Sehingga dengan demikian, pelatihan ini akan menambah jumlah vaksinator dan juga memperlancar pelaksanaan vaksinasi di Polri. Nakes Polri/ LP/ Fasyankes lainnya untuk bersiap untuk memberikan pelayanan vaksinasi, “harapnya.

Kabidyankes Pusdokkes Polri, Kombes Pol. Dr. Farid Amansyah, Sp.PD, Finasim menyampaikan dalam sambutannya, bahwa salah satu strategi nasional dalam penanganan pandemi COVID-19 adalah mencapai herd immunity, sehingga perlu dilakukan program vaksinasi nasional.
Program vaksinasi akan memasuki tahap ke-2, dengan sasaran seluruh pelayan publik di Indonesia termasuk bagi anggota Polri, TNI, dan ASN.

“Khusus untuk Polri sasaran sebesar 447.000 orang. Di lain pihak jumlah vaksinator yang ada saat ini belum mencukupi, maka pelatihan ini merupakan momentum yang baik untuk mensukseskan program vaksinasi nasional, “terangnya.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan bahwa target peserta pelatihan Gelombang 14 sejumlah 1.858 orang.

Peserta berasal dari Fasyankes (Jateng, Jatim dan DIY), UPT Pemasyarakatan (Jateng, Jatim dan DIY), serta Mabes Polri. Peserta yang hadir dalam pembukaan sejumlah 1. 530 orang, terdiri dari Jateng 50 orang, Jatim 387 orang, DIY 641 orang, Polri 340 orang dan UPT Pemasyarakatan Prov Jateng, Jatim dan DIY sebanyak 112 orang. (ar)

#bapelkessemarang

Leave a Reply

5 × three =