Pembukaan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID 19 bagi Vaksinator di Fasyankes Gel 8 Tahun 2021

Kepala Puslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes membuka secara resmi Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasyankes Gel 8 Tahun 2021 Bapelkes Semarang (28/01). Pelatihan diselenggarakan untuk tenaga kesehatan di Fasyankes di Wilayah Prov Jateng dan Jatim.

Kapuslat SDMK menyampaikan dalam sambutannya, Pemerintah saat ini menyiapkan jumlah vaksin yang cukup. Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama sasarannya adalah tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya dengan target sebanyak 1,4 juta SDMK.

Sampai dengan tanggal 27 Januari 2021, jumlah yang sudah divaksinasi sebanyak 308.000 orang. “Hari ini pelaksanaan secara serentak di semua fasyankes dan Poltekkes, juga rencananya dilaksanakan di area publik. Untuk meningkatkan jumlah cakupan pelaksanaan vaksinasi. Kita harapkan pada akhir Januari ini, tercapai 1 juta orang yang divaksinasi, “ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapuslat SDMK menyampaikan arahan Menkes bahwa cakupan vaksinasi sebanyak 1 juta orang/hari. Menkes dan Presiden mengharapkan vaksinasi selesai dalam waktu 1 tahun, karena vasinasi akan dilaksanakan sebanyak dua kali. “Oleh karenanya diperlukan jumlah vaksinator yang mencukupi, sehingga kami terus melaksanakan pelatihan melalui BBPK/Bapelkes. Diharapkan pada akhir Februari, sudah ada sejumlah 82.254 orang yang dilatih, “terangnya.

Tahap ke-2 vaksinasi akan dilaksanakan pada minggu ke-3 Februari, untuk petugas pelayanan publik sebanyak 17,4 jt orang. Tahap ini juga ditujukan untuk petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat dan kelompok usia lanjut. Tahap ke-3 vaksinasi untuk masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Sedangkan tahap ke- 4, ditujukan untuk masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan bahwa target peserta pelatihan Gel 8 sejumlah 1200 orang, masing-masing terdiri dari 600 orang dari Prov Jateng dan Jateng. Peserta yang hadir dalam pembukaan sejumlah 767 orang, terdiri dari Jateng 315 orang dan Jatim 452 orang. (ar)

Leave a Reply

seventeen + 17 =

Open chat