Pembukaan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Th. 2021 Gelombang 15

Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Th. 2021 Gelombang 15 di wilayah Provinsi Jawa Timur, resmi dibuka oleh Kepala Bapelkes Semarang (22/02).

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah telah melakukan berbagai upaya penanganan untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Upaya yang dilakukan dengan Sosialisasi 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak minimal 1–2 meter), mengatur kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan melakukan upaya 3T.

Upaya 3T meliputi tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment). “Kegiatan tracing yang melibatkan Babinsa dan petugas kesehatan, harus terintegrasi, “ungkapnya.

Selain itu, upaya yang saat ini dilakukan Pemerintah, dengan melaksanakan program vaksinasi COVID-19, dengan target sasaran sejumlah 181,5 juta penduduk.

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan pelatihan akan diselenggarakan dengan metode distance learning selama tiga hari. Target peserta pelatihan Gelombang 15 sejumlah 1.200 peserta dari Prov Jawa Timur. Peserta yang hadir dalam pembukaan sejumlah 1.579 orang.

Peserta merupakan tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan dan perawat. Peserta pelatihan berasal dari Instansi Puskesmas, RS milik Pemerintah maupun Swasta, serta Klinik yang ditunjuk sebagai pelaksana Vaksinasi COVID-19 baik dari swasta maupun UPT Pemasyarakatan.(ar)

#bapelkessemarang
@puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjatim

Leave a Reply

4 × four =