Pembukaan Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gel 7 Tahun 2021

Kapuslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes membuka secara resmi Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi Covid 19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gelombang 7 Prov Jateng dan Jatim tahun 2021 (25/01). Kapuslat SDMK menyampaikan bahwa berdasarkan data per 23 Januari 2021, tiga provinsi dengan penambahan kasus COVID-19 terbanyak adalah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pemerintah telah melakukan upaya penanganan untuk memutus rantai penularan COVID-19 secara cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergis antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. “Kita tetap harus melaksanakan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran dan penularan COVID-19, tetapi kita juga melaksanakan upaya imuniasasi, jelasnya. Karena imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya.

Menindaklanjuti hal tersebut, vaksinasi pertama untuk Presiden Jokowi pada tanggal 12 Januari 2021. Pelaksanaan vaksinasi berlanjut pada tanggal 14 Januari 2021 di 6 provinsi dan 15 Januari di 8 provinsi. Vaksin tahap ke-2 sudah didistribusikan ke provinsi yang selanjutnya didistribusikan ke Kab/Kota.

Kapuslat SDMK juga menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi, bahwa pengendalian pandemi utama melalui vaksinasi adalah kunci utama. Hal ini sangat menentukan supaya masyarakat bisa kembali bekerja dan anak-anak kembali bersekolah, juga mendukung perkenomian nasional.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan target peserta pelatihan Gelombang 7 sejumlah 800 orang masing-masing terdiri dari 400 orang peserta dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jumlah peserta yang hadir dalam pembukaan sejumlah 619 orang terdiri dari 318 orang dari Jateng dan 301 orang dari Jatim. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov @dinkesjatim

Leave a Reply

sixteen − 1 =

Open chat