Pembukaan Pelatihan Perkesmas bagi Koordinator Perkesmas di Puskesmas Wilayah Provinsi Jawa Timur Angkatan 6 dan 7

Pembukaan Pelatihan Pelayanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) Bagi Koordinator Perkesmas di Puskesmas Wilayah Provinsi Jawa Timur Angkatan 6 dan 7 secara daring. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid pada Senin (21/03).

Dalam sambutannya, Kepala menyampaikan latar belakang pelaksanaan pelatihan ini. Peran dan fungsi perawat Puskesmas membutuhkan kompetensi khusus yang berbeda dengan perawat yang bekerja di Rumah Sakit. Mengingat pentingnya peran perawat dalam kegiatan Perkesmas, maka kegiatan Perkesmas yang sudah ada sebelumnya perlu untuk dibangkitkan kembali. “Untuk itu Bapak/Ibu Perawat terutama Perawat Koordinator Perkesmas perlu diberikan kompetensi khusus melalui Pelatihan Perkesmas bagi Koordinator Perkesmas ini, agar nantinya mampu mengkoordinir kegiatan Perkesmas di Puskesmas yang menjadi tempat tugasnya, “ ungkap Kepala.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat (Latkesmas) Murnajati, Ledy Martha Aridiana,S.Kep.Ns.M.Kes sebelumnya melaporkan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan dilaksanakan tanggal 21 sd 31 Maret 2022 dengan metode blended learning. Pelatihan secara daring dilaksanakan tanggal 21 s/d 25 Maret 2022, dan tanggal 30 s/d 31 Maret 2022 secara luring di UPT Latkesmas Murnajati. Peserta pada pelatihan ini direncanakan sebanyak 59 orang, yang berasal dari instansi Puskesmas di wilayah Provinsi Jawa Timur. (ar)

Leave a Reply

twelve − four =