Pembukaan Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk TGC di Puskesmas Akt 1 dan 2 Bapelkes Semarang Th. 2021

Pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini menjadi dasar pelaksanaan Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas Bapelkes Semarang Th. 2021. Pelatihan Akt 1 dan 2 dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian ADUM Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns (12/04).

Dalam sambutannya, Kasubbag ADUM mengatakan pentingnya peningkatan kapasitas tenaga Puskesmas khususnya TGC Puskesmas dalam upaya melakukan respon pencegahan dan penanggulangan KLB dan wabah di wilayah kerjanya. Peningkatan kapasitas TGC ini menjadi prioritas nasional, sehingga akan dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi melalui pelatihan dekon.

“Kami harapkan nantinya Bapak/Ibu tidak hanya mampu berperan sebagai Tim Gerak Cepat Puskesmas kompeten dan dapat berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Bapak/Ibu sekalian, “pungkasnya.

Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan Akt 1 dan 2 akan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 17 April 2021, dengan metode full online. Jumlah peserta sebanyak 60 orang yang berasal dari 20 Puskesmas di 8 (delapan) Kabupaten di Jawa Tengah. Peserta berasal dari Kab. Sukoharjo, Kab. Pati, Kab. Jepara, Kab. Kendal, Kab. Banyumas, Kab. Kebumen, dan Kab. Blora.

Tujuan dari penyelenggaraan pelatihan antara lain supaya peserta mampu melakukan : (1) surveilans penyakit menular potensial KLB dan wabah, (2) penyelidikan epidemiologi penyakit menular potensial KLB dan wabah, (3) pencegahan dan pengendalian infeksi terkait penyakit potensial KLB dan wabah, (4) manajemen kasus penyakit menular potensial KLB dan wabah, (5) pengelolaan spesimen Penyakit Menular potensial KLB dan wabah, dan (6) komunikasi risiko penyakit menular potensial KLB dan wabah, serta (7) kerjasama tim dalam penganggulangan penyakit menular potensial KLB dan wabah. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov

Leave a Reply

2 × 5 =