Pembukaan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Haji di Masa Pandemi COVID-19 Gelombang 2 Bapelkes Semarang Tahun 2021

Pelatihan Pelayanan Kesehatan Haji di Masa Pandemi COVID-19 Gelombang 2 Bapelkes Semarang dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns (17/05/2021). Pembukaan dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh Pengendali Pelatihan, Petugas Quality Control, panitia serta peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Plh. Kepala Bapelkes Semarang menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi fokus pelayanan kesehatan di masa pandemi ini adalah penatalaksanaan kasus COVID-19 pada Jemaah Haji Indonesia. Hal ini dilakukan agar petugas kesehatan haji dapat menjalankan tugasnya dan mampu mengantisipasi permasalahan yang mungkin timbul selama bertugas.

Puslat SDM Kesehatan merancang pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masa pandemi saat ini. Proses pelatihan akan berpusat pada peningkatan wawasan dan kompetensi terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jemaah kelompok terbangnya serta pelaksanaan tugas-tugas administrasi lainnya.

Mengakhiri sambutannya, disampaikan harapan kepada seluruh peserta. “Semoga Bapak/Ibu peserta dapat mengikuti pelatihan ini sampai selesai dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan, “harapnya.

Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan bahwa peserta akan mengikuti pembelajaran sebanyak 30 JPL, yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 20 Mei 2021 secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Peserta merupakan Tenaga Kesehatan Haji (TKH) yang telah memenuhi kriteria sesuai Surat Edaran Kepala Pusat Kesehatan Haji No. HJ.03/3/157/2021 tentang Penugasan PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan dan TKH dalam Operasional Kesehatan Haji Tahun 2021 M / 1442 H.

TKHI Gelombang 2 saat ini direncanakan sebanyak 254 orang yang terbagi dalam 3 kelas Embarkasi Surabaya dan 3 kelas Embarkasi Solo. Peserta pelatihan dengan latar belakang profesi dokter dan perawat berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @puskeshaji.kemkes @dinkesjateng_prov @dinkesjatim

Leave a Reply

2 × three =