Pembukaan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Haji di Masa Pandemi COVID-19 Bapelkes Semarang Th. 2021 Gelombang 1

Kepala Pusat Pelatihan SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes membuka Pelatihan Pelayanan Kesehatan Haji di Masa Pandemi COVID-19 Bapelkes Semarang Th. 2021 Gelombang 1 (05/05).

Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Kemenkes terus melakukan upaya untuk mempersiapkan penyelenggaraan kesehatan dan pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi. Salah satu yang menjadi fokus pelayanan kesehatan di masa pandemi adalah bagaimana melaksanaan penatalaksanaan kasus COVID-19 pada jemaah haji Indonesia.

Petugas kesehatan harus mengupdate knowledge, skill dan attitude serta sehat jasmani rohani dalam melaksanakan pelayanan kesehatan haji. Lebih lanjut, disampaikan harapan Kapuslat SDMK terkait pelaksanaan haji pada tahun ini dapat diikuti oleh jamaah haji Indonesia, dan Kemenkes terus melakukan persiapan.

“Kami sangat berharap Bapak Ibu dapat mengikuti pelatihan secara komprehensif agar kita bisa menyamakan persepsi, mengupdate pengetahuan yang baru dan penatalaksanaan COVID-19 serta protokol kesehatan bagi jamaah haji. Petugas juga memberikan penjelasan terkait vaksinasi COVID-19, melakukan penanganan COVID-19, serta mampu melakukan komunikasi resiko, “harapnya.

Plh. Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 05 s/d 08 Mei 2021. Peserta direncanakan sebanyak 124 orang, yang terbagi dalam 3 kelas embarkasi Surabaya. Peserta merupakan Tenaga Kesehatan Haji (TKH) yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Bali dan NTT.

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini yaitu untuk membentuk peserta yang mampu memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jemaah haji kelompok terbang yang didampinginya. Selain itu diharapkan peserta mampu melaksanakan tugas – tugas administrasi sesuai dengan standar prosedur tetap yang berlaku. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @puskeshaji.kemkes

Leave a Reply

19 − 14 =