Pembukaan Pelatihan Jabatan Fungsional Psikologi Klinis Jenjang Ahli

Dalam rangka peningkatan kompetensi pemangku jabatan fungsional kesehatan, Bapelkes Semarang menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Psikologi Klinis Jenjang Ahli Pertama menjadi Ahli Muda melalui kelas daring dari tanggal 13 s/d 25 September 2021. Pelatihan telah dibuka secara resmi oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (13/09).

Pembukaan diawali penyampaian laporan penyelenggaraan pelatihan oleh Kepala Bapelkes Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid. Diklat Jabfung Psikologi Klinis merupakan satu dari 30 rumpun jabfung di Kemenkes sesuai Permenpan RB Th. 2008. Tujuan dari pelatihan ini, supaya peserta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional psikologi klinis jenjang ahli. Peserta sebanyak 32 orang berasal dari instansi di wilayah mitra Bapelkes Semarang.

Pertemuan dihadiri oleh Ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si., Psikolog, yang dalam sambutannya menyampaikan pandangan terkait problematika dan tantangan jabfung psikologi klinis. Pihaknya juga menyampaikan harapan kepada seluruh peserta, “Harapan kami dengan pelatihan jabfung ini, akan bisa meningkatkan terus kompetensi dan keterampilannya agar bisa memberikan pelayanan ke masyarakat secara seoptimal dan sebaik mungkin mungkin.”

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, dr. Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ, M.Kes memberikan sambutan dan membuka secara resmi pelatihan. Pihaknya menyampaikan bahwa di tengah situasi pandemi, pengembangan kompetensi tidak dapat dihentikan. Persiapan dilakukan dengan menyusun skenario kurikulum di masa pandemi dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh. Kurikulum merupakan hasil kolaborasi antara Puslat SDM Kesehatan, Ikatan Psikologi Klinis Indonesia dan Bapelkes Semarang.

Pembukaan pelatihan turut dihadiri Koordinator Substansi Pelatihan Fungsional, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes. Pengendali pelatihan dan petugas quality control juga hadir dan mengawal proses pembelajaran sebanyak 90 JPL selama 12 hari efektif.Output dari pelatihan ini, peserta diklat menjadi profesional dari jabatan psikologi klinis pertama ke jenjang muda. (ar/rh) (ar/rh)

Leave a Reply

fourteen − three =

Open chat