Pembukaan Pelatihan Jabatan Fungsional PKM Jenjang Ahli Angkatan 1 dan 2 Th. 2021

Pelatihan Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) Angkatan 1 dan 2 dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang (26/07). Pembukaan pelatihan diawali dengan pembacaan komitmen Bapelkes Semarang dalam mewujudkan WBK/WBBM.

Ketua Panitia, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes menyampaikan pelatihan akan diselenggarakan secara on line pada tanggal 26 Juli s/d 8 Agustus 2021. Pelatihan sebanyak dua angkatan, akan diikuti sebanyak total 60 peserta. Peserta Akt 1 berasal dari UPT Vertikal Kemenkes RI dan Dinkes di wilayah Provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Akt 2, peserta berasal dari instansi UPT Vertikal Kemenkes RI dan Dinkes di wilayah Provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM memberikan sambutan dan membuka secara resmi pelatihan ini. Dalam sambutannya disampaikan bahwa saat ini telah dibentuk 30 jenis jabatan fungsional kesehatan. Salah satunya adalah Jabatan Fungsional PKM yang telah mendapat Surat Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor: 58/KEP/MENPAN/8/2000 tanggal 14 Agustus 2000 tentang Jabfung PKM dan Angka Kreditnya.Berdasarkan hal itu, dengan telah ditetapkannya jabfung PKM secara normatif bagi ASN Pusat maupun Daerah diseluruh wilayah RI, maka bagi ASN yang akan memilih jalur karier jabfung PKM, terlebih dahulu harus mengikuti Pelatihan Jabfung PKM.

Menutup sambutannya, Kepala Bapelkes memberikan pesan kepada seluruh peserta, “Kiranya melalui pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga PKM yang dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi di tempat kerjanya, dalam upaya memelihara dan melindungi serta merubah cara berpikir dan cara berperilaku yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan tangguh terhadap ancaman penyakit, “pungkasnya. (ar)#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri

Leave a Reply

8 − two =