Pembukaan Pelatihan Jabatan Fungsional Epidemiologi Kesehatan Ahli Angkatan 1 dan 2 Bapelkes Semarang

Dalam rangka peningkatan kompetensi pemangku jabatan fungsional kesehatan, Bapelkes Semarang kembali menyelenggarakan pelatihan tersebut. Pelatihan Jabatan Fungsional Epidemiologi Kesehatan Ahli Angkatan 1 dan 2 dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM.(05/07). Pembukaan diawali penyampaian laporan penyelenggaraan pelatihan oleh Ketua Panitia, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes.

Pelatihan ini akan berlangsung pada tanggal 5-18 Juli 2021 secara full on line. Tujuan penyelenggaraan pelatihan ini, supaya peserta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional epidemiolog kesehatan ahli. Peserta sebanyak 60 orang terbagi ke dalam dua angkatan, yang berasal dari UPT Vertikal Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Provinsi/Kab/Kota di wilayah mitra Bapelkes Semarang.

Kepala Bapelkes Semarang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran seorang epidemiolog pada masa pandemi COVID-19 ini. Mengutip dari Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni dr., M.S., M.P.H, selaku Guru Besar Epidemilogi FKM UNAIR, memaparkan bahwa epidemiologi merupakan salah satu keilmuan untuk melihat permasalahan yang terjadi pada sekelompok individu atau populasi.

Epidemiologi penyakit itu hanya salah satu dari ruang lingkup epidemiologi, dengan mempelajari epidemiologi kita dapat menilai status kesehatan di masyarakat, mengevaluasi program kesehatan, mengembangkan metodologi untuk menganalisis penyakit dan mengatasi permasalahan kesehatan terutama dalam wabah COVID-19. Dan ini menjadi tantangan buat Bapak/Ibu sekalian,” jelasnya. Menutup sambutannya, Kepala Bapelkes berharap peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber serta fasilitator. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @ropeg.kemkes @itjenkemenkes

Leave a Reply

20 − eleven =