Pembukaan Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Ahli Kerjasama Dinkes Kabupaten Pekalongan dengan Bapelkes Semarang

Bapelkes Semarang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Ahli. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kasubbag ADUM Bapelkes Semarang, Sulkan, S.Kp, Ns (12/04). Pembukaan dihadiri oleh perwakilan Dinkes Kab. Pekalongan, Pengendali Diklat, petugas quality control dan panitia serta peserta pelatihan.

Kasubbag ADUM dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan penyelenggaraan pelatihan ini, diharapkan peserta mampu menjalankan perannya sebagai pelaksana teknis di bidang pelayanan kebidanan pada sarana pelayanan kesehatan. Selain itu peserta juga dapat menjalankan tugas pokoknya dalam melaksanakan pelayanan kesehatan ibu dan reproduksi perempuan, pelayanan keluarga berencana, pelayanan kesehatan bayi dan anak serta pelayanan kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, selama pandemi COVID-19 dan menghadapi era New Normal, pelayanan kesehatan harus tetap berjalan secara optimal, aman bagi pasien dan bidan dengan berbagai penyesuaian berdasarkan panduan penanganan COVID-19 atau protokol kesehatan. Bidan dituntut memberikan pelayanan yang humanis, cerdas dan inovatif mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit, pengobatan dan rehabilitasi tanpa diskriminasi.

Yuli Budi Utomo, SST, M.Kes melaporkan penyelenggaraan pelatihan. Peningkatan profesionalisme bidan mengacu pada Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kreditnya. Tujuan dari pelatihan ini, peserta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional bidan ahli pertama.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 12 – 24 April 2021 selama 12 hari efektif secara virtual melalui aplikasi zoom clouds meeting dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 90 JPL. Peserta sebanyak 30 orang, yang merupakan pegawai di lingkungan Kab. Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. (ar)

#bapelkessemarang @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri @dinkesjateng_prov

Leave a Reply

3 × 2 =